Trending
Selasa, 08 September 2015

Hak Cipta Lagu Happy Birthday

  • Share

Mungkin besok, mungkin minggu depan, mungkin bulan depan mungkin lo akan mendengarkan lagu ini. Setiap tahun jutaan orang di dunia pasti pernah mendengarkan dan menyanyikan lagu sejuta umat tersebut. Ya, yang dimaksud adalah lagu Happy Birthday yang biasa dinyanyikan orang ketika ada yang sedang berulang tahun. Namun saat ini sedang ada masalah hokum yang terjadi karena masalah lagu tersebut.

Pada tahun 1935, Warner/Chappell Music memiliki hak milik untuk lagu Happy Birthday. Pada saat Jennifer Nelson, seorang filmmaker ingin membuat film documenter mengenai lagu tersebut, Warner/Chappell menagih Nelson untuk membayar $1500 untuk menggunakan lagu tersebut pada filmnya. Setelah ditelaah, ternyata lagu tersebut ditemukan pada sebuah buku lagu yang bertanggal 1927, yang berarti lagu tersebut sudah ada Sembilan tahun sebelum Warner/Chappell menjadikannya hak milik mereka. Jennifer Nelson menuntut Warner/Chappell pada tahun 2013 lalu karena menganggap mereka selama ini sudah memakai lagu Happy Birthday tanpa lisensi.

Beberapa bukti menunjukan bahwa Patty Hill meninggalkan hak milikinya terhadap lagu tersebut. Sementara itu kasus tersebut hingga saat ini belum selesai, namun nampaknya keberuntungan berpihak pada Nelson dan pengacaranya. Nelson mengatakan bahwa Warner/Chappell nggak mau menyerah karena jika mereka kalah, mereka akan kehilangan lebih dari $2 juta dollar. Semoga kasus ini cepat selesai ya Urbaners!

Source : www.alfstadand.com, nbcnews.com

 

 

Comments

Semoga cepat selesai kasusnya
mantapp boss