Trending
Sabtu, 31 Oktober 2020

Hal Yang Perlu Lo Tahu Tentang Creativepreneur: Nggak Cuma Modal Kreatif Bro!

  • Share

Istilah di dalam dunia bisnis itu banyak sekali bro. Namun kali ini, nggak akan dibahas semuanya tapi bakal fokus ke salah satunya saja, yaitu: creativepreneur. Akan tetapi, sebelum lo mengetahui lebih dalam istilah tersebut, ada dua istilah yang perlu lo ketahui dulu.

Dua istilah itu adalah entrepreneur, dan sociopreneur. Keduanya merupakan istilah di dunia bisnis untuk para pelakunya. Kalau entrepreneur, secara singkat adalah orang yang membangun dan menjalankan bisnis untuk tujuan mendapatkan untung, mendapatkan income yang besar.

Kemudian, kalau sociopreneur – adalah orang yang membangun dan mengoperasikan bisnis tidak hanya untuk keuntungan ekonomi saja, tapi juga untuk membuat dampak yang lebih baik di masyarakat sekitar. Both of them are inspiring people!

Lalu bagaimana soal creativepreneur? Dilansir dari situs kumparan, creativepreneur adalah orang-orang muda, atau generasi millennial yang berbisnis di industri kreatif. Misalnya gini, bro – ada seorang entrepreneur yang memerlukan logo untuk bisnisnya.

Nah, ia akan meminta bantuan ke creativepreneur untuk membuatkan logo dari bisnis tersebut. Tidak hanya desainer ya, misalnya untuk iklan, para penulis buku, bahkan sampai ke animator – bisa disebut dengan creativepreneur.

Hal-hal ini membuat seorang creativepreneur identik sekali dengan kata kreatif dan produktif. Well, hal itu benar adanya sih – tapi sebenarnya tidak melulu dua hal itu saja. Banyak hal lain yang mendukung seorang creativepreneur bisa sukses.

Sekarang tentu lo jadi makin penasaran sebenarnya bagaimana sih creativepreneur itu? Gini deh bro, daripada lo makin penasaran dan menebak-nebak sendiri, sekarang sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui selengkapnya ya!

 

Berdasarkan Passion yang Sangat Kuat

Hal Yang Perlu Lo Tau Tentang Creativepreneur: Ga Cuma Modal Kreatif Bro!

Credit Image: unsplash.com

Industri bisnis kreatif sekarang ini cukup keras bro. Banyak saingan, banyak yang lebih bagus karya-karyanya. Tapi, ada satu hal yang bisa membedakan diri lo dengan creativepreneur lainnya. Apa itu? PASSION.

Passion yang kuat adalah pondasi yang sangat baik buat lo yang ingin jadi creativepreneur. Tidak melulu soal tuntutan kemampuan untuk selalu kreatif dan produktif, kalau dari passion saja lo sudah benar-benar menguasai, ide untuk menjadi kreatif dan produktif akan bisa selalu dieksekusi, bro!

Passion ini jadi hal yang fundamental bro. Passion jadi hal yang paling dasar untuk lo yang mau terjun di dunia industri bisnis kreatif. Pada dasarnya juga, lo perlu benar-benar mengikuti kata hati dan kemauan diri sendiri sebelum terjun lebih dalam.

 

Punya Kesabaran yang Mumpuni

Hal Yang Perlu Lo Tau Tentang Creativepreneur: Ga Cuma Modal Kreatif Bro!

Credit Image: glidedesign.com

Jadi seorang creativepreneur tidak hanya dituntut untuk selalu kreatif dan produktif, tapi juga perlu mempunyai kesabaran yang mumpuni. Maksudnya perlu punya kesabaran bagaimana nih? Jadi gini bro, creativepreneur akan punya kemungkinan untuk bertemu klien yang ingin menggunakan jasanya.

Klien adalah sosok yang punya mau, dan lo sebagai creativepreneur akan mencocokan kemauannya dengan apa yang lo ketahui dari sisi kreatif dan produktif. Ini mesti punya kesabaran yang luas karena mereka bisa saja susah dipahami apa keinginannya.

Revisi jadi hal yang paling umum untuk ditemui oleh para creativepreneur – jadi sabar adalah salah satu kunci buat lo untuk terus bisa sukses jadi creativepreneur.

 

Ikut Mengetahui Seluk Beluk Bisnis

Kalau hanya mengandalkan sisi kreatif dan produktif saja, sepertinya akan sangat lambat buat lo sebagai creativepreneur untuk sukses di industri bisnis kreatif. Lo juga mesti belajar banyak hal soal bisnis itu sendiri bro.

Mesti ada pengetahuan dasar, minimal untuk mengetahui bagaimana menjalankan bisnis, bagaimana bisa menjual jasa kreatif lo dan hal lainnya. Ini juga jadi hal yang fundamental dan perlu lo kuasai bro.

Nah, bagaimana nih? Dari tiga hal di atas yang sudah dijelaskan – tentu lo jadi punya bayangan atau punya rencana tersendiri untuk memajukan creativepreneur yang mungkin sudah ada di dalam diri lo. Bro, industri bisnis kreatif akan terus berkembang. Kalau lo tidak upgrade diri lo sendiri, well – ada kemungkinan kalau lo akan tertinggal.

Jadi lo nunggu apa lagi nih? #MauLagiDimanapun – lo tetap bisa upgrade diri lo bro!

 

Feature Image – unh.edu

Comments

Bisa la ya jadi creativepreneur..