Trending
Selasa, 08 Juni 2021

Hasil Kerja Sama Tiga Negara di Lagu Baru Ariel Nayaka

  • Share

Tahun ini lo akan berbahagia dengan banyaknya perilisan film dan juga album maupun lagu baru dari para musisi – baik musisi mancanegara, maupun musisi dalam negeri. Kali ini, giliran Ariel Nayaka yang merilis karya barunya.

Lagu yang dirilisnya ini ternyata punya keistimewaan – karena hasil kerja sama tiga negara dan mengandung dua bahasa dalam lagunya. Keren banget kan, bro?

Gimana serunya proses track baru dengan judul “Orang Lain” ini? Langsung aja simak ulasannya di bawah!

Hasil Kolaborasi dengan Musisi Luar Negeri

Ariel Nayaka

Credit image – RRI

Nggak sembarangan rilis lagu baru, persiapan yang dilakukan oleh Ariel Nayaka dalam merilis lagu “Orang Lain” ini cukup panjang dan rumit. Berkolaborasi dengan musisi luar negeri memang bukan sesuatu yang mudah, but he did it!

Lagu ini melibatkan dua musisi hip-hop dari Malaysia dan Singapura, SonaOne dan YHB Sleepsalot. Sebagai seorang rapper yang lebih sering menggunakan bahasa inggris di dalam lagunya, lagu berjudul “Orang Lain” ini menjadi lagu yang banyak di improve oleh Ariel.

Pada pengerjaannya, lagu ini dilakukan seluruhnya oleh Ariel. Lalu di mixing oleh Sona, serta untuk mastering sendiri ia dibantu oleh beberapa rekannya di dapur rekaman. Begitupula dengan artwork dan video liriknya. Wah, proyek ini banyak melibatkan orang-orang hebat ya!

Lagu yang Bercerita Tentang Perubahan

Ariel Nayaka

Credit image – RRI

Menurutnya, lagu ini memiliki titik fokus pada sisi positif perubahan yang dialami oleh setiap orang. Lagu ini bercerita ketika kita berubah jadi orang lain – dalam arti yang berkonteks positif, hal ini dimaksud sebagai evolusi ke level baru dalam hidup masing-masing dan menemukan versi diri sendiri yang lebih baik.

Hal itu tentunya menjadi hal yang baik dan dialami oleh sebagian besar orang. Pendapat Ariel sendiri cukup unik, karena menurutnya orang-orang menganggap bahwa perubahan ke tahap yang lebih baik dalam hidup adalah hal yang buruk.

Namun pada track ini Ariel ingin bercerita tentang sisi positif dari perubahan. Perubahan apapun yang dialami setiap orang pastinya memiliki sisi positifnya sendiri – meskipun sebenarnya perubahan yang dilakukan mungkin perubahan negatif.

Namun bagi Ariel, pesan pada lagu “Orang Lain” ini adalah untuk memberi pesan bahwa “always see good in everything”.

Kerjasama dengan 3 Negara

Ariel Nayaka

Credit image - VOI

Seperti yang udah disebutkan di atas – bahwa proses pembuatan lagu ini bukan hal yang mudah. Rumit, cukup unik, dan pastinya jadi hal yang menyenangkan juga – mengingat semua yang terlibat dalam lagu ini berlangsung antara 3 negara.

Pada pembuatan awalnya – Sona mengirimkan beat yang dibuatnya, lalu kemudian diisi oleh Ariel dengan hook dan satu verse. Rupanya, Sona juga mengirim beat yang sama kepada YHB dan YHB hanya mengisi satu verse.

Akhirnya, terbesit dalam pikiran Sona untuk menggabungkan hasil kerja semua rekannya ini. Dalam prosesnya, kolaborasi ini terjadi dengan sangat spontan dan pastinya tanpa tekanan sama sekali. Hal ini disampaikan langsung oleh Ariel dengan sangat antusias.

Sebagai penyanyi yang lebih banyak bermusik dalam bahasa Inggris, kali ini Ariel mencoba untuk memperbanyak bahasa Indonesia dalam lagunya. Tetap berpegang teguh dengan beat trap/hip-hop yang menjadi ciri khasnya, lagu ini mengandung banyak harapannya.

Tapi yang bikin unik, ternyata Ariel baru menyatukan inti dan pesan di balik lagu ini setelah lagunya selesai!

Pada intinya, Ariel mencoba memberikan pesan – bahwa nggak peduli bagaimanapun lo berubah, pada dasarnya lo tetaplah menjadi diri sendiri – hanya saja dengan tingkatan yang berbeda.

Kisah inspiratif dari lagu baru keren Ariel Nayaka ini udah bisa lo akses di seluruh platform musik digital. Tapi kalo lo nyari obrolan yang inspiratif, dengerinnya MLDPODCAST yang bisa lo akses di Spotify dan website mldspot.com ya, bro!

 

Feature image – Ariel Nayaka

 

Comments

keren banget
Mantappppp