Trending
Jumat, 08 Juni 2018

Ini Cara Membuat Kopi Tubruk ala Barista Gampang Banget, Bro!

  • Share

Seiring berkembangnya era industri kopi dunia, antusias penikmat minuman ini pun semakin meningkat. Bahkan tidak sedikit orang yang mampu menyajikan sajian kopi yang nikmat ala rumahan seperti para barista handal di kedai kopi.

Namun, menjadi barista tentu harus mampu membuat berbagai resep kopi dari yang sederhana hingga tersulit sekalipun. Nah, salah satu sajian kopi yang mudah adalah teknik tradisional, atau biasa dikenal dengan sebutan kopi tubruk.

kopi tubruk

Credit image - unsplash 

Kopi tubruk adalah ciri khas budaya kopi Indonesia.  Kata tubruk sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti tabrak atau benturan. Dari situ istilah kopi tubruk muncul.

Pada awalnya, kualitas kopi kita sangat buruk, jika disangrai pun rasa yang dihasilkan bermacam-macam. Zaman dahulu, masyarakat nggak tau cara menyaring kopi halus, jadi serbuk kopi langsung dicampur, atau ditabrak dengan air panas dan gula.

Namun seiring berjalannya waktu, pengetahuan masyarakat Indonesia mulai bertambah. Biji kopi yang didapat pun lebih bagus dan teknik penggorengannya juga lebih bagus dan meningkatkan kualitas kopi tubruk sendiri.

Mau tau gimana membuat kopi tubruk dengan cita rasa yang mirip seperti buatan barista? Baca sampai habis ya, bro!

 

Perhatikan Jumlah Berat dari Biji Kopi

kopi tubruk

Credit image - unsplash 

Untuk membuat satu cangkir kopi jenis tubruk, lo harus benar-benar memastikan bahwa berat biji kopi sebelum digiling adalah 12 gram dengan perbandingan air sekitar 210ml.

Rasio perbandingan ini memang nggak selalu pakem ya, bro tapi seenggaknya lo bisa mendapatkan rasa kopi yang pas. Jika lo merasa rasio 12 gram biji kopi masih terlalu halus atau terlalu kasar, lo bisa menambahkan atau mengurangi takarannya sesuai selera.

Gilingan Kopi Mempengaruhi Cita Rasa Kopi

Nggak seperti kopi bubuk atau sachet yang umumnya memiliki satu jenis gilingan yaitu giling halus. Tetapi jika lo ingin menggiling sendiri, lo harus tahu berbagai jenisnya. Pertama, ada gilingan coarse atau kasar. Metode ini cocok bagi lo pecinta rasa kopi yang sedikit pahit.

Kedua, ada gilingan medium atau sedang, yang sering digunakan untuk menggiling kopi Arabika. Lalu, ketiga ada gilingan fine atau halus yang sangat cocok digunakan untuk penyeduhan espresso menggunakan mesin.

Dan terakhir adalah very fine atau sangat halus, gilingan ini bisa lo gunakan untuk pemula yang pertama kali menggunakan mesin penggiling kopi.

Jangan Gunakan Air yang Terlalu Mendidih

Cara membuat kopi tubruk yang benar adalah jangan menggunakan air yang terlalu mendidih karena akan membuat cita rasa kopi terbuang. Sebaiknya, ketika memasak air, lo bisa didiamkan dulu sekitar 5 menit untuk mendapatkan panas yang sempurna, setelah itu campurkan ke dalam cangkir.

Gunakan Cangkir dari Kaca atau Keramik

Sederhana tetapi seringkali nggak disadari, ternyata menyeduh kopi memakai gelas plastik akan mempengaruhi rasa kopi tergantung dari seberapa sering lo pakai gelas tersebut. Menyeduh kopi memakai cangkir dari kaca atau keramik ternyata akan menambah cita rasa karena cawan dengan bahan tersebut bisa melindungi suhu kopi.

Atur Jumlah Gula

kopi tubruk

Credit image - unsplash 

Mengatur jumlah gula merupakan kunci utama. Jika lo belum terbiasa menikmati kopi bersama gula, usahakan untuk memberikan 1 sendok gula untuk takaran 210 ml. Sebab cita rasa kopi sangat bergantung pada total gula yang digunakan. Jika terlalu banyak, maka rasa yang dihasilkan hanya manis.

Diamkan Kopi Beberapa Menit

Kesalahan setelah menyeduh kopi adalah langsung diseruput. Pasalnya, kopi yang telah tersiram air panas ini masih akan mencari tekstur kopi dan bercampur dengan air. Jadi lebih baik tunggu sekitar 2-3 menit setelah kopi diseduh baru diminum.

Pilih Jenis Kopi yang Bagus

Cara terakhir adalah memilih jenis kopi berkualitas dan memiliki rasa enak. Cari kopi bubuk yang nggak memakai gula, atau susu, seperti kopi bubuk murni. Sebaiknya, lo membeli biji kopi yang udah digiling, jadi bisa mencium aroma kopi pilihan lo.

Itulah tips mendapatkan rasa kopi tubruk yang nikmat. Dalam menyajikan kopi yang nikmat pastinya memiliki teknik khusus, bro. Sehingga dalam proses pembuatan kopi ada beberapa hal yang harus lo perhatikan dan nggak boleh dilewatkan. Bagaimana udah siap jadi barista di rumah? 

Comments

Bolehni kita coba
mantap kopiy