Trending
Kamis, 09 Mei 2019

Kenalan dengan Yohana Oktaviani, Sosok Di Balik Back Singer Tezza Sumendra

  • Share
  • fb-share
Kenalan dengan Yohana Oktaviani, Sosok Di Balik Back Singer Tezza Sumendra

Untuk para Urbaners yang selalu mantengin skena musik Indonesia, mungkin beberapa waktu belakangan lo udah familiar dengan nama pendatang baru, Yohana Oktaviani. Yohana mulai dikenal semenjak proyek nyanyi sebagai background singer bersama Teza Sumendra di tahun 2012 dan 2013. Di tahun 2019, Yohana mulai menorehkan jalurnya sendiri sebagai entertainer. Ia ingin meluruskan persepsi orang-orang tentang back singer.

 

Setia Menyanyi di R&B

Setia Menyanyi di R&B

Pertama kali Yohana mulai sadar akan mimpi menjadi penyanyi adalah ketika ia duduk di SMA. “Mulai nyanyi umum dari kelas 3 SD sih, karena nyanyi di gereja. Cuma, untuk nyanyi profesional baru didalami ketika sudah di SMA,” ujar Yohana. Semenjak mulai sering bernyanyi, Yohana mulai menekuni bidang tarik suara lewat Soundcloud, sebuah platform distribusi audio online, dimana setiap pengguna bisa membagikan dan mempromosikan musik mereka. Pada tahun 2012-2013, Yohana mulai dikenal dalam dunia Soundcloud, khususnya di kalangan singer dan songwriter.

Di bawah username @hanaosu, Yohana mulai merilis lagu-lagu yang dia cover, mulai dari Erykah Badu hingga Jorja Smith. Suara Yohana terdengar mengalir dengan halus dan sensual yang sarat akan akar R&B. Ia sering mendengarkan inspirasi musik dari Jazmine Sullivan, Solange, Anderson .Paak, dan India Arie, untuk lebih in tune akan musikalitasnya.

Ketika ditanya apakah Yohana akan bereksperimen dengan genre lain, cewek berambut pendek ini menjawab, “Rencananya sih nggak. Cuma sebagai penyanyi dan entertainer, mau nggak mau, kadang diharuskan untuk menyanyikan genre yang beda dari ideal kita,” jawab Yohana. Sebagai penyanyi, Yohana mengaku sudah menemukan aliran di mana ia dapat menonjolkan kemampuannya, dan baginya itu sudah cukup.

 

Perjalanan Awal menjadi Background Singer Teza Sumendra

Perjalanan Awal menjadi Background Singer Teza Sumendra

Permulaan karir Yohana mulai melejit ketika ia bernyanyi bersama Teza Sumendra sebagai background singer. Ia mengaku berkenalan dengan Teza melalui Soundcloud. Ketika Teza Sumendra aktif mengunggah hasil karya musik di Soundcloud, Yohana mulai suka dan ngefans dengan suaranya. Pada suatu pagi, Yohana melihat sebuah notifikasi dimana Teza memberi komentar di salah satu cover-nya dan akunnya di-follow.

“Jujur, saat itu gue merasa shock banget. Tapi semenjak dari situ, kami berhubungan baik lewat media sosial yang lain,” ungkapnya. Pada tahun 2010, Yohana mendapatkan pesan dari Teza melalui Twitter.  “Dia minta nomor HP dan nawarin gue untuk membantu proyek live video recording. Ditawarin sama idola sendiri,  gue langsung jawablah, mau!” kata Yohana.

Nggak hanya berakhir di proyek tersebut, karena chemistry yang udah oke, akhirnya Teza Sumendra dan Yohana terus bekerja sama di proyek-proyek lain. Sampai sekarang, mereka tetap berteman dan sering ikut proyek nyanyi bareng.

 

Mispersepsi tentang Back Singer dan Rencana ke Depannya

Mispersepsi tentang Back Singer dan Rencana ke Depannya

Yohana mengaku, karena perjalanan karirnya dimulai sebagai background singer, ada mispersepsi di masyarakat yang cenderung meremehkan. Mereka sering memandang bahwa penyanyi latar hanya bertugas untuk “mendukung” penyanyi utama, seolah-olah hal tersebut nggak membutuhkan olah suara yang berkualitas. Mereka juga menganggap bahwa background singer nggak perlu memberikan performa maksimal, baik secara vokal maupun visual.

Di sinilah Yohana ingin mematahkan mispersepsi tersebut. Baginya, backing vocal memberikan harmoni dan keindahan dalam aransemen dan pertunjukkan musik. “Backing vocal bisa dibilang lebih sulit karena membutuhkan daya ingat dan konsentrasi yang lebih. Kita harus inget nada dan menyanyikan part yang berbeda dari lead singer. Karena itu, buat gue, back singer adalah satu bagian yang paling penting dalam band dan perlu diberikan apresiasi juga,” ungkap Yohana.

Sebagai salah satu bagian dari band, pastinya ada pengalaman unik dan berkesan dalam pengalaman Yohana. Ia bercerita, “Dulu pernah lagi ngisi gig di kafe, terus dari bawah panggung ada yang meminta lagu Titanium (dari Sia). Nah, karena gue lagi main musik dan nggak kedengeran, gue malah nyahut, ‘Hah? Minta Minum?’. Sontak lah semua anggota band langsung ngakak!”

Ditanya tentang rencana bermusik ke depannya, Yohana dengan antusias menjawab, “Rencananya sih awal tahun depan, aku akan bikin proyek musik duo dan akan mengeluarkan musik-musik orisinilnya. Doain ya biar lancar!”

Nah Urbaners, sembari menunggu karya terbaru dari Yohana Oktaviani, dengerin dulu yuk lantunan melodinya yang indah di akun Soundcloud-nya!

 

 

Comments
Fadya Aulia
Semangat berkarya
Noviyanti
Semangat terus berkarya