Trending
Kamis, 20 Mei 2021

Kenali Angle dalam Foto: Biar Lo Nggak Salah Titik Fokus!

  • Share
  • fb-share
Kenali Angle dalam Foto: Biar Lo Nggak Salah Titik Fokus!

Sering nggak sih ngambil foto tapi hasilnya jadi nggak sesuai dengan yang lo inginkan? Hal ini sering banget terjadi kalo lo minta difotoin sama orang lain, iya kan?

Biar nggak terjadi hal yang nggak enak ini, ada baiknya lo mempelajari dulu cara memilih angle foto yang tepat dan sesuai dengan obyek yang akan diambil. Secara nggak langsung – angle foto emang punya dampak yang signifikan buat hasil foto.

Tanpa harus bingung, di artikel ini lo akan mencari tau 5 macam angle foto yang bisa digunakan. Langsung aja sikat di bawah ini, bro!

Basic #1: Low Angle

Untuk mengenal angle foto, terlebih dahulu lo mengenali basic dari angle foto itu sendiri. Yang pernama yang harus lo kenali yaitu low angle. Angle foto ini memaksa lo untuk sedikit jongkok ataupun sedikit merendah dari posisi tangan ketika mengambil foto. Kemudian diarahkan ke obyek yang dituju.

Sudut pandang ini cocok kalo lo lagi mengincar foto satwa ataupun obyek yang ramai. Angle foto rendah ini akan bikin lo terlihat sejajar dengan obyek yang diambil.

Basic #2: High Angle

Memotret dari posisi yang lebih tinggi dari obyek seringkali digunakan kalo mau mengambil gambar keramaian lalu lintas, kerumunan orang, ataupun foto grup yang berjejer hingga beberapa baris ke belakang.

Dengan high angle – lo bisa mendapatkan pandangan yang lebih luas dibandingkan low angle. Menggunakan angle foto ini bisa menonjolkan komposisi secara luas dan kesan lebih wide dalam frame foto yang kita diambil karena akan mendukung luasnya area yang bisa kita ambil di sudut pandang ini.

Angle dengan Frog’s Eye

Angle foto dengan sudut pandang frog eye emang lebih menekankan sudut pandang yang lebih  rendah dari obyek foto utama. Bahkan bisa sampai rata dengan tanah!

Kesan yang akan di dapatkan dari angle foto ini adalah sudut pandang yang nggak biasa. Angle foto  bisa lo aplikasikan kalo mau menonjolkan kemegahan konstruksi bangunan, ataupun sekedar ngambil foto langit biru dengan gedung pencakar langit.

Wide-Angle dengan Bird’s Eye View

Angle Foto

Credit image – Shutterstock

Sudut pandang dengan bird’s eye view akan menampilkan foto yang umumnya diambil dari atas atau lebih tinggi dari obyek foto. Biasanya angle foto yang diambil dengan teknik ini akan memunculkan efek selayaknya foto drone.

Angle foto ini akan memunculkan area foto yang lebih luas. Angle foto ini banyak dipakai saat pemetaan ataupun untuk pengawasan suatu area. Kalo pengen benar-benar ingin merasakan sensasi memotret dengan sudut pandang bird’s eye view, coba deh memotret dengan drone lalu mengambil juga dengan teknik ini dengan obyek yang sama. Nantinya, lo akan tau perbedaannya.

Angle Sama Rata dengan Eye Level

Angle Foto

Credit image – Camera Harmony

Angle foto dengan eye level merupakan angle yang diambil ketika kita memotret obyek foto – khususnya manusia, untuk menyesuaikan sudut pandang yang sama tinggi dengan model yang menjadi obyek.

Patokan yang paling umum dengan angle foto ini adalah mata model sendiri. Selain itu – mata juga jadi bagian yang jadi fokus utama dari setiap pemotretan model – atau manusia sebagai obyek.

Menyamaratakan sudut pandang ini memiliki tujuan supaya memberikan kesan natural pada hasil foto yang akan diambil. Meskipun terkadang sudut foto ini terkesan membosankan, karena udah terlampau sering digunakan oleh fotografer.

Setelah mengetahui angle foto yang tepat – lo nggak perlu takut lagi buat ngambil foto dengan hasil yang nggak tepat. Jangan lupa kalo udah ada hasilnya, tag @MLDSPOT karena udah ngasih tips kece ini ya, bro!

 

Feature image – Shutterstock

 

Comments
SAWI TRI
Biar nggak terjadi hal yang nggak enak ini, ada baiknya lo mempelajari dulu cara memilih angle foto yang tepat dan sesuai dengan obyek yang akan diambil. Secara nggak langsung – angle foto emang punya dampak yang signifikan buat hasil foto.
Irsan Erik
Manteep keyeen.banget pokokee