Trending
Selasa, 15 November 2016

Ketinggalan Supermoon Kemarin? Ini 4 Cara Melihat Bulan Secara Sempurna

  • Share

NASA telah mengumumkan jauh-jauh hari bahwa tanggal 14 November 2016 kemarin bulan akan lebih dekat dan lebih terang dari biasanya. Fenomena yang dinamakan supermoon ini terjadi di hampir seluruh daerah di dunia, termasuk Indonesia. Walaupun beberapa tempat di Indonesia mendung, tapi di Jakarta, Bandung dan Surabaya kabarnya bisa melihat supermoon.

Nah bagi lo yang kemarin gagal atau ketinggalan menikmati fenomena supermoon, coba tips 4 cara melihat bulan secara sempurna. Bahkan buat lo yang tinggal di kota-kota besar sekalipun, ada caranya melihat bulan lho Urbaners.

 

Bisa terlihat di setiap pantai yang menghadap timur

Indonesia juga masuk ke dalam negara yang bisa menikmati supermoon kemarin. Lokasi yang pas untuk melihat supermoon atau padang bulan adalah di pantai yang menghadap timur atau menghadap ke arah matahari terbit. Asalkan nggak mendung dan cuaca bersahabat, bulan akan terlihat sempurna jika lo berada di pantai.

 

Desa atau pegunungan

Jika lo kebetulan sedang berada di daerah pegunungan atau tempat tinggal lo dekat pedesaan, lo adalah orang yang beruntung, Urbaners. Karena di daerah pedesaan atau pegunungan ini menjadi tempat yang terbaik untuk melihat supermoon. Pertama karena udara di pedesaan dan di pegunungan masih alami dan kedua adalah nggak banyak gedung jadi lo bakal “bebas hambatan” untuk melihat bulan secara sempurna.

 

Pergi ke atap

Jika tempat tinggal lo benar-benar nggak deket dengan pantai, desa atau bahkan pegunungan, lo bisa naik ke atap untuk melihat bulan atau fenomena seperti supermoon kemarin. Walaupun lo di perkotaan sekalipun, bulan ini bisa tetap lo lihat lo Urbaners, asalkan nggak ada mendung atau nggak lagi hujan.

 

Pergi ke tengah kota

Cara terakhir adalah lo bisa pergi ke tengah kota untuk melihat fenomena supermoon seperti kemarin bersama orang-orang banyak. Untuk yang hobi fotografi, lo bisa mengabadikan supermoon atau fenomena lainnya di dekat bangunan terkenal. Misalnya di Jakarta, lo bisa menuju ke Monumen Nasional atau ke Tanjung Perak, di Surabaya, untuk mendapatkan view yang sempurna.

Tips di atas bakal ampuh jika lo sudah mempersiapkan jauh-jauh sebelumnya Urbaners. Walaupun lo udah kelewatan fenomena supermoon kemarin, lo bisa iseng-iseng mengambil momen serupa seperti padang bulan ataupun gerhana bulan.

Comments

bulan akan lebih dekat dan lebih terang dari biasanya
Supermoon oh suoermoon