Trending
Jumat, 24 April 2020

Kolaborasi Apik Childish Gambino dengan DJ Dahi dalam Album "3.15.20"

  • Share

Setelah berhasil menggemparkan industri musik dengan lagu This is America,” Childish Gambino menjadi salah satu musisi yang paling dinantikan karyanya. Terlebih lagi setelah Childish Gambino memberikan beberapa petunjuk bahwa dirinya ingin pensiun dari nama panggung tersebut.

Dirilis pertama kali pada Minggu (15/3) melalui laman pribadinya, “3.15.20” menjadi perbincangan hangat para pecinta musik. Menggandeng beberapa produser lagu, termasuk DJ Dahi, Childish Gambino menghadirkan 12 lagu fenomenal yang bisa lo nikmati sekarang.

 

Hadiah dari Childish Gambino untuk fans

Childish Gambino di atas panggung sambil merentangkan kedua tangannya.

Seperti yang sudah diketahui, Donald Glover memakai nama panggung Childish Gambino sejak awal kemunculannya di belantika musik. Setelah merilis album “Awaken, My Love!” di tahun 2016, Childish Gambino secara tiba-tiba meluncurkan album 3.15.20 melalui laman donaldgloverpresents.com yang memperbolehkan para penggemar untuk menikmati album ini selama 24 jam, gratis tanpa biaya.

Seminggu setelahnya, album terbaru Childish Gambino ini dirilis di berbagai platform streaming lagu. Berisi 12 judul lagu, album ini dianggap spesial karena merupakan persembahan dari Childish Gambino kepada para penggemar. Album ini diharapkan dapat menemani penggemar setia Gambino, termasuk lo, saat harus berdiam diri di rumah selama pandemi COVID-19. “This is the one time nobody can go anywhere. So sit with this,” tanggapan dari DJ Dahi mengenai perilisan album Gambino yang mendadak.

Tetap dengan genre R&B, Gambino serta DJ Dahi menghadirkan unsur psychedelic yang menghipnotis di setiap lagunya. Saat lo mendengarkan lagu-lagu dalam album 3.15.20, lo akan tenggelam dalam harmoni musik yang begitu apik. Tetapi, jangan sampai lo melewatkan lirik-lirik lagu puitis dari Gambino, Bro!

 

Terinspirasi oleh waktu

Childish Gambino dalam sebuah sesi live di studio bersama iringan gitar.

Saat lo melihat daftar lagu di album 3.15.20, lo akan sadar bahwa 10 dari 12 lagu nggak memiliki judul dengan huruf sama sekali. Sepuluh lagu ini diberi judul dengan angka dan format yang menyerupai jam. Bahkan, kalau lo melihat judul album dengan lebih teliti lagi, 3.15.20 adalah tanggal dari perilisan album di website Childish Gambino.

Time” adalah salah satu lagu yang dikemas dalam album ini. Childish Gambino mengajak Ariana Grande untuk bernyanyi bersama membawakan tembang yang menekankan bahwa waktu kita di bumi tidak banyak, sebuah konsep lagu yang begitu pas dengan situasi dunia terkini. Berikut potongan lirik dari lagu Time.

Maybe all the stars in the night are really dreams

Maybe this whole world ain’t exactly what it seems

Maybe the sky will fall down on tomorrow

But one thing’s for certain, baby

We’re running out of time

Oh, time, time, yeah

DJ Dahi, sebagai produser sebagian besar lagu dalam album ini, mengungkapkan bahwa Childish Gambino beserta dirinya ingin mengangkat topik seputar kehidupan dan zaman di mana mereka kini hidup. “There’s a lot of things that come into why we are and who we are, but never forget that we’re a part of a bigger system,” ungkap DJ Dahi.

 

Perbedaan Setiap Tema Lagu

Childish Gambino mengenakan celana abu-abu dalam music video “This is America.”

Mulai dari tema seputar kekerasan yang dilakukan polisi dalam lagu “12.38” hingga komunitas kaum Afrika-Amerika di lagu “19.10,” Childish Gambino dan DJ Dahi kembali menggabungkan tema sosial yang jarang diangkat oleh musisi populer dunia. Tidak lupa, Gambino juga turut menambahkan bagian rap di beberapa lagu dengan teknis yang lebih baik lagi.

Nada dan beat yang diciptakan oleh DJ Dahi bisa dianggap oleh sebagian orang kurang pas dengan lirik puitis serta tema lagu yang berat. Namun, inilah esensi dari album 3.15.20 serta image karya Childish Gambino selama ini. Seperti pada lagu “47.48,” harmoni yang terkesan menyenangkan bisa berpadu dengan manis bersama lirik mengenai kekerasan.

 

 

 

Sources: Rolling Stones, GQ, Wired, Pitchfork, Forbes.

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!