Trending
Rabu, 14 April 2021

Kreatif aja Nggak Cukup, Ini Cara Bertahan di Industri Kreatif!

  • Share
  • fb-share
Kreatif aja Nggak Cukup, Ini Cara Bertahan di Industri Kreatif!

Di era yang semua berkembang dengan cara yang kreatif ini pasti lo merasakan sendiri – bahwa memiliki kemampuan untuk menjadi kreatif adalah hal yang mutlak dan harus dilakukan. Hal ini juga didukung dengan banyaknya industri kreatif yang muncul.

Sejatinya, di era ini kreativitas udah jadi hal yang fundamental dan harus dimiliki setiap orang. Tapi untuk bertahan di industri kreatif, nggak cuma kreativitas yang lo butuhkan, bro!

Di era new normal ini sepertinya semua orang mencoba untuk survive dalam setiap kesialan yang melanda – caranya dengan bertahan. Kalo kreativitas aja nggak cukup, gimana caranya biar bisa tetap bertahan di industri kreatif – ditambah dengan situasi nggak pasti kayak gini? Langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Ubah Tantangan Menjadi Peluang

Industri Kreatif

Credit image – Thrive Global

Nggak mudah untuk bertahan di era serba nggak pasti kayak gini, semua pasti ngerasain gimana sulitnya untuk tetap bertahan. Tapi yang perlu diubah pertama adalah mindset yang lo miliki, bro!

Dalam hal ini, ada baiknya lo – sebagai orang yang berperan aktif di industri kreatif bisa memanfaatkan peluang yang ada dari sebuah tantangan. Merambah ke era digital alias digitalisasi adalah salah satu tantangan yang lo tepis di era new normal ini.

Lo harus bisa mengakui kalo industri kreatif saat ini udah memasuki ekonomi digital. Dengan digitalisasi, lo bisa menghubungkan dengan sektor kreatif yang ada sebagai pewujudan dari resolusi industri 4.0 di Indonesia.

Bisnis Tahan Banting: Lo Pasti Bisa, Bro!

Sebagai pelaku bisnis di industri kreatif, lo harus memastikan ketahanan bisnis dan produk yang lo jalani. Hal ini penting untuk dilakukan – karena dengan meningkatkan akses industri kreatif yang lo miliki pada pasar. Kapasitas dan ketahanan bisnis yang lo jalani akan lebih adaptif dan bisa bertransformasi dengan era new normal yang saat ini kita jalani.

Harus lo sadari – yang mengalami kesulitan ini nggak cuma lo sendiri – jadi lo nggak sendirian dan lo juga harus bisa bertahan. Persaingan yang ketat emang nggak bisa dihindari, makanya lo harus bisa menunjukkan eksistensi untuk bisa terlihat lebih unggul, bro!

Lakukan Refreshment: Jangan Berhenti Belajar

Industri Kreatif

Credit image – Deposit Photos

Selain kreativitas dan punya mental yang tahan banting, lo juga harus mau jadi orang yang selalu mau belajar. Karena di era kayak sekarang ini pengetahuan bisa aja dateng dari tempat yang nggak lo sangka.

Sebagai pelaku industri kreatif, lo harus punya wawasan yang luas biar bisa menciptakan ide-ide baru, beda, dan tentunya diminati pasar untuk mengembangkan kreasi produk yang ditawarkan. Hal itulah yang mengajak lo untuk terus meluaskan wawasan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang lo miliki.

Pengetahuan dan wawasan nggak cuma dari buku aja – lo bisa mengamati tren pasar saat ini, melihat peluang dari setiap tantangan yang ada, mencoba mencari celah dari ide-ide segar yang ada di internet, ataupun ketemu dengan orang-orang baru yang bisa diajak berbagi ilmu dan bertukar ide. Hal ini bisa lo lakukan dengan mengikuti komunitas industri kreatif, mengikuti webinar, atau berkunjung ke industri kreatif sejenis – pasti bakal asik banget deh, bro!

Bertahan emang bukan hal yang mudah, tapi segala tantangan yang ada – kalo lo bisa bertahan, pastinya lo juga yang akan bangga dengan hasil yang udah lo lakukan untuk kedepannya. Di MLDSPOT, lo juga bisa menemukan kisah inspiratif bisnis serupa di Industri Kreatif. Langsung aja ke kolom Local Greatness di Home Page-nya website MLDSPOT ya, bro!

 

Feature image – American Corporate Partners 

Comments
Mulyono
Tantangan yg jd peluang
sumardiyono
nice articlenya