Trendings
Kamis, 14 Februari 2019

Lagu-Lagu Ciptaan Candra Darusman yang Enak Banget

  • Share

Buat yang menonton Jazz Gunung 2019, pasti tahu kalau musisi Candra Darusman ikut mengisi acara bergengsi tersebut. Musisi yang terkenal bersama kelompok band Chaseiro ini punya segudang karya terbaik sampai saat ini. Karya-karyanya tidak hanya memiliki alunan indah saja, tetapi juga komposisi liriknya yang sangat puitis.

 

Candra Darusman di Dunia Musik

Lahir di Bogor dengan nama Candra Nazarudin Darusman, Candra mulai membentuk grup musik bernama Chaseiro saat ia berkuliah di Universitas Indonesia. Dari kiprahnya tersebut, nama Candra mulai dikenal hingga ia melahirkan lima album di tahun 80an hingga 2001. Bahkan namanya dikenal juga sebagai penggagas Jazz Goes to Campus, acara jazz untuk kaum muda yang populer di kalangan siswa dan mahasiswa.

Candra yang terkenal di era 80-90an memang kini tak lagi aktif manggung, namun bukan berarti ia berhenti dari industri musik. Saat ini, ia masih sering terlibat dalam event-event musik besar seperti Jazz Gunung 2019. Ia juga kerap aktif dalam organisasi-organisasi yang berbau musik, perlindungan hak cipta, hingga kini menjabat sebagai konsultan dari Indonesia dalam organisasi dunia, World Intellectual Property Organization (WIPO) bentukan PBB.

 

Karya-karya Candra Darusman

Lagu-lagu karya Candra Darusman bukan cuma enak didengar, tapi juga diapresiasi oleh banyak musisi jazz terkenal di dalam negeri. Karyanya tersebut mayoritas dikenal pada awal karirnya sebagai vokalis dan keyboardist dari band Chaseiro. Di masa ini, band tersebut menelurkan album ‘Pemuda’ (1979), ‘Bila’ (1980), ‘Tiga’ (1981), hingga ‘Persembahan’ (2001).

Tak hanya bersama Chaseiro, Candra juga mendirikan grup musik jazz bernama Karimata. Dengan nama besarnya, ia menggaet beberapa nama musisi besar seperti Erwin Gutawa, Uce Haryono, Deny TR, hingga Aminoto Kosin. Bersama Karimata, Candra sukses tampil di Belanda lewat ajang North Sea Jazz 1985.

Belum cukup puas tampil bersama grup musik, Candra juga menjajal karir sebagai solois. Di tahun 1981, ia berhasil membuat album berjudul ‘Indahnya Sepi’ cukup laris di pasaran. Tak berhenti di situ saja, tahun 1983, ia merilis album ‘Kekagumanku’.

 

Musisi yang Pernah Berkolaborasi dengan Candra Darusman

Sepanjang karirnya, Candra banyak berkolaborasi dengan musisi-musisi lainnya, khususnya yang beraliran jazz. Hasil kolaborasi yang ia lakukan membuat publik makin merindukan karya-karya Candra. Sederet musisi papan atas tercatat pernah berkolaborasi dengan Candra.

Di penghujung 2018 lalu, Candra merilis single berjudul ‘Pengungkapan Hatimu’ yang merupakan hasil kolaborasi dengan Andien. Di lagu tersebut, Candra berduet dengan Andien sehingga menghasilkan alunan yang pas dan klik banget bagi penggemar jazz. Di single tersebut, Candra juga berkolaborasi dengan Tohpati untuk proses penggarapan musiknya. Di sini Tohpati bertanggung jawab sebagai Music Editor.

Selain kedua musisi di atas, Candra juga berkolaborasi dengan banyak musisi lainnya dalam album berjudul Detik Waktu yang rilis tahun 2018. Bahkan, album tersebut dirilis ulang di tahun 2019 dengan menambahkan dua lagu baru. Penambahan dua lagu tersebut berupa lagu berjudul ‘Persaudaraan’ dan ‘Waktu Kian Berarti’. Total ada 16 lagu karya Candra yang dinyanyikan oleh musisi-musisi berkualitas negeri ini seperti Once Mekel, Andien, Adikara Fardy, Monita Tahalea, White Shoes and The Couples Company, Mondo Gasaro, Marcel Siahaan, Sammy Simorangkir, Glenn Fredly, dan masih banyak lainnya.

Nah, buat Urbaners yang mungkin masih kurang akrab dengan jazz, bisa banget lho untuk mendengarkan album ini!

 

 

 

Sumber :
kineruku.com/store/cd-detik-waktu-perjalanan-karya-cipta-candra-darusman/
beritasatu.com/hiburan/532934/candra-darusman-rilis-ulang-album-detik-waktu
entertainment.kompas.com/read/2019/01/16/195047410/album-detik-waktu-candra-darusman-dirilis-lagi

 

Comments

keren banget sih ya