Trending
Jumat, 30 Oktober 2020

Lebih Bijak Mengelola Keuangan: Sudah Tahu Teknik Kakeibo, Bro?

  • Share

Dari namanya saja, mungkin lo sekarang sudah menebak-nebak dari mana istilah ini berasal. Bro, perlu lo ketahui kalau Kakeibo adalah istilah dari Jepang untuk pengaturan keuangan. Dalam kondisi new normal seperti ini, apakah keuangan lo tetap dalam level aman, bro?

Mengatur keuangan memang susah-susah gampang. Kalau lo sudah ketemu dengan pola yang cocok dengan diri lo, ditambah dengan sifat disiplin yang lo terapkan dalam pengaturan ini, percaya kalau lo pasti bisa menabung dan bahkan punya bisnis atau investasi yang hidup.

Punya bisnis sampingan atau investasi memang jadi salah satu jalan yang paling diminati banyak kalangan. Tidak memungkiri kalau keuntungan dari bisnis atau investasi yang lo jalankan, bisa jadi passive income yang membantu banget lho.

Tapi, sebelum membahas bagaimana mengatur keuangan di bisnis atau investasi, ada beberapa hal yang perlu lo ketahui dan salah satu yang utama adalah bagaimana pengaturan keuangan dari regular income yang ada, atau gaji bulanan lo itu bro.

Terkait dengan istilah Kakeibo dari Jepang soal pengaturan uang – seperti yang sudah disebutkan juga di atas, metode pengaturan uang pasti cocok-cocokan dengan kebiasaan dan disiplin yang lo punya. Nah, Kakeibo ini bisa jadi cocok buat lo bro!

Mungkin pertanyaan selanjutnya yang ada di benak lo adalah, memang bagaimana sih metode Kakeibo ini? Pengaturan uang seperti apa yang diajarkan di metode ini? Daripada lo makin penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini buat selengkapnya ya!

 

Rincian Pengeluaran Dalam Empat Bagian

Lebih Bijak Mengelola Keuangan: Sudah Tahu Teknik Kakeibo, Bro?

Credit Image: usatoday.com

Salah satu hal yang menarik dari metode atau teknik pengaturan uang Kakeibo ini adalah di mana diri lo mesti membuat empat bagian paling penting terkait dengan pengeluaran yang ada. Empat bagian ini adalah rincian pengeluaran lo dalam sebulan, bro.

Mengapa empat bagian saja? Ini mungkin untuk mempermudah membagi uang yang ada sih. Empat bagian tersebut adalah:

Survival: Bagian ini adalah bagian yang meliputi segala pengeluaran yang sifatnya pokok atau primer bro. Seperti kebutuhan makan, ongkos transportasi dan bahkan sampai obat-obatan. Porsi dari pembagian ini biasanya cukup besar, atau memang lo sesuaikan dengan segala kebutuhan yang ada.

Ingat ya bro, perbulan. Jadi lo hitung dulu seberapa banyak biaya buat lo makan satu bulan, biaya transportasi satu bulan, dan biaya jika membeli obat untuk satu bulan. Jika semua sudah diketahui jumlahnya berapa, langsung sisihkan atau pisahkan.

Optional: Bagian kedua ini sebenarnya adalah turunan dari bagian pertama bro. Jadi ketika lo sudah mengetahui seberapa banyak biaya yang lo butuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok, barulah lo bisa menghitung lagi bagian-bagian seperti uang jajan, makan di luar, sampai belanja kebutuhan sekunder.

Culture: Eits, ini bukan biaya yang lo siapkan untuk soal kebudayaan, bro. Maksud dari bagian ketiga ini adalah biaya untuk meng-upgrade diri lo sendiri. Misalnya seperti membeli buku, lalu menonton film, sampai ke soal mengikuti seminar atau webinar dan sejenisnya.

Intinya bagian ketiga ini adalah bagian di mana lo menyisihkan sebagian gaji bulanan untuk diri lo sendiri bro. Untuk kepentingan menambah wawasan dan sejenisnya.

Extra: Nah, bagian keempat atau bagian terakhir ini adalah bagian di mana lo bisa menghitung berapa biaya yang lo butuhkan untuk menghabiskan waktu bersama gebetan, nabung untuk traveling dan hal-hal lainnya yang di luar dari kebutuhan pokok.

 

Simpan di Amplop yang Berbeda

Lebih Bijak Mengelola Keuangan: Sudah Tahu Teknik Kakeibo, Bro?

Credit Image: nbcnews.com

Begitu semua sudah lo pisahkan dengan rapi, untuk menyimpannya, teknik atau metode Kakeibo mengajarkan lo untuk menggunakan amplop yang berbeda-beda untuk menyimpan jumlah dana yang sudah lo hitung untuk masing-masing kelas kebutuhan yang ada.

Jadi kurang lebih lo punya empat amplop dalam satu bulannya. Hal ini untuk membantu lo menghindari tidak disiplinnya diri lo yang terkadang asal ambil uang saja dari manapun untuk memenuhi kebutuhan sesaat diri lo.

Seperti yang sudah di mention sebelumnya juga kalau hal ini perlu sekali disiplin yang tinggi. Lo hanya bisa mengambil dana dari masing-masing amplop sesuai kebutuhan yang sudah diarahkan dan diaturkan. Tidak bisa sembarang nih bro untuk ambil uangnya.

 

Rutin Memeriksa Pengeluaran

Memeriksa pengeluaran bisa membuat lo cukup disiplin untuk mengetahui kebutuhan mana yang paling mendesak dan yang perlu lo prioritaskan. Hal ini bakal membantu lo untuk mengatur keuangan seberapapun jumlahnya, bro.

Nah dari sini – jika semua sudah terbiasa untuk disiplin, bakal makin mudah lagi mengatur jenis keuangan lainnya bro, misalnya lo sudah ada passive income, lo bisa atur dengan teknik Kakeibo di mana lo sudah tahu dan bisa prioritaskan mana kebutuhan primer dan sekunder serta ekstra untuk bisnis atau investasi yang sedang lo jalankan.

Wah bagaimana nih bro? Dari penjelasan di atas – apakah lo sudah paham semuanya? Jika iya, bisa lo terapkan dengan baik ya bro!

 

Feature Image – thebalance.com

Comments

ntaaaapzzzz
Bismillah, Semoga bisa terus konsisten menyisihkan uang.