Trending
Senin, 05 Oktober 2015

Lebih Dekat dengan Snapchat

  • Share

Meski belum terlalu terkenal seperti Facebook atau Twitter, Snapchat kini menjadi media sosial alternatif yang mulai digandrungi banyak orang. Pada dasarnya, Snapchat merupakan aplikasi mobile photo-sharing yang menggabungkan format SMS dengan foto, mirip seperti MMS. Lo pasti pernah, dong, merasa terganggu dengan tag foto dari temen lo karena di foto tersebut ekspresi wajah lo lagi nggak banget? Atau pernah menyesal meng-upload foto-foto jadul karena nggak sadar yang lo pikirkan saat itu?

Berawal dari pemikiran tersebut, pada tahun 2011, dua mahasiswa Stanford bernama Evan Spiegel dan Bobby Murphy mendapatkan ide untuk membuat aplikasi photo-sharing yang berbeda. Sebelumnya, pada tahun 2009, mereka pernah menciptakan situs web bernama Future Freshman, yang bertujuan untuk membantu para siswa SMA dan orang tua mereka dalam mengikuti proses pendaftaran perguruan tinggi. Sayangnya, proyek tersebut gagal dan mereka pun beralih mengembangkan Snapchat.

 

Mengontrol Privasi dalam Internet

Lo tahu, kan, kalau para agen rahasia semacam FBI atau CIA sering menerima perintah atau pesan rahasia terkait dengan misi yang harus dijalaninya? Pesan tersebut akan secara otomatis hangus dan hilang tanpa jejak setelah dibaca oleh mereka. Nah, Snapchat memiliki cara kerja yang mirip seperti itu.

Prinsipnya, sih, sama, yakni berbagi momen melalui foto yang bisa lo kirim ke temen-temen lo. Tapi, dengan menggunakan Snapchat, lo bisa mengatur berapa lama foto tersebut dilihat oleh penerima. Snapchat menyediakan waktu maksimal sepuluh detik untuk disetel pada foto yang lo kirim. Setelah waktu tersebut habis, pesan akan dihapus secara otomatis dari ponsel si penerima.

 

Fitur-Fitur Khas

Selain foto, lo juga bisa mengirimkan video ke teman-teman lo di Snapchat menggunakan fitur Story. Lo juga nggak usah khawatir video lo bakal tersebar luas ke ranah internet yang lain. Dalam fitur Story, video yang lo kirim hanya bisa dilihat selama 24 jam. Setelah itu, videonya akan terhapus secara otomatis.

Snapchat juga memiliki fitur bernama Discover, yang memuat konten berita dari berbagai media ternama seperti MTV, Daily Mail, CNN, Cosmopolitan, dan lain-lain. Fitur yang juga nggak kalah oke adalah Snapcash. Lo bisa dengan mudah mengirimkan uang pada pengguna Snapchat lain menggunakan fitur ini.

 

Menolak Diakuisisi Facebook dan Twitter

Hanya empat bulan setelah dirilis di AppStore Apple, tepatnya pada Januari 2012, sudah ada lebih dari lima juta foto per hari yang dikirim melalui Snapchat. Versi untuk Andoid menyusul dirilis pada November 2012, menambah jumlah pengguna Snapchat hingga tercatat 150 juta foto yang diunggah setiap harinya. Nggak heran apabila Snapchat masuk dalam daftar sepuluh aplikasi paling populer di AppStore.

 

Mulai tertarik untuk mencoba Snapchat? Saat ini, lo bisa menggunakan Snapchat pada ponsel dengan sistem operasi iOS atau Android. Nggak perlu lagi khawatir foto-foto

pribadi lo tersebar ke mana-mana, deh!

 

Source : www.androidcentral.com   ,  www.kindleinteractive.org  , www.youthministrymedia.ca

 

 

Comments

coba buat filter doank
Yang lagi viral dikalangan anak muda