Trending
Jumat, 04 Mei 2018

Melihat Para Juara di Kompetisi Tertinggi Liga Eropa

  • Share
  • fb-share
Melihat Para Juara di Kompetisi Tertinggi Liga Eropa

Mei adalah bulan terakhir sepak bola di Eropa. Ketika seluruh tim terbaik dari setiap negara di Eropa udah berjuang selama satu musim, bulan Mei adalah bulannya para juara. Seharusnya, pada pertengahan atau akhir Mei liga baru berakhir, tetapi musim 2017/2018 ini unik, Urbaners. Liga Inggris, Liga Jerman, Liga Spanyol, dan Liga Perancis udah ditentukan para juaranya. Siapa aja mereka?

 

Dominasi Bayern Munchen, Manchester City, PSG, dan Barcelona

Bayern Munchen adalah tim pertama dari liga top Eropa yang berhasil merengkuh juara. Pada tanggal 7 April 2018, Munchen berhasil menjadi juara Bundesliga Jerman di saat pertandingan kurang lima pekan lagi. Nggak hanya itu, Urbaners, Munchen menjadi juara Bundesliga 27 kali dan total 6 kali berturut-turut. Pesaing terdekat Munchen, Schalke 04, harus tertinggal 24 poin di posisi kedua.

Tanggal 15 April 2018, ada dua tim besar yang menjadi juara di saat yang bersamaan, yaitu Manchester City dari Liga Inggris dan Paris Saint-German dari Liga Perancis. Manchester City bahkan nggak perlu susah payah merebut juara karena sang rival terdekat Manchester United kalah melawan WBA 0-1. Sedangkan, PSG menang setelah membantai AS Monaco dengan skor 7-1.

 

Antara dominasi dan kompetitif

Dominasi di sebuah liga akan terjadi jika salah satu tim terlalu kuat, entah itu secara permainan, kekuatan pemain, atau bahkan kekuatan finansial. Ketika dominasi terjadi, yang muncul adalah kurang kompetitifnya sebuah liga, dan akhirnya menyebabkan ketimpangan. Keempat juara liga top Eropa di atas merupakan contoh nyata bagaimana kurang kompetitifnya liga-liga mereka.

PSG dan Manchester City benar-benar menjadi momok yang menakutkan bagi tim-tim lain. Berkat sokongan dana yang kuat, kedua tim tersebut berhasil membeli pemain berkualitas tinggi dan dengan mudah mengalahkan lawan-lawannya. Tetapi, ada tembok besar yang terjadi jika ada sebuah liga yang kurang kompetitif akibat terjadinya dominasi.

Para wakil liga top Eropa tersebut gagal bersaing di Liga Champions 2017/2018. Terakhir adalah Bayern Munchen yang harus kalah dari Real Madrid di semifinal. Bahkan, final Liga Champions 2017/2018 antara Real Madrid melawan Liverpool bukan perwakilan juara di liganya masing-masing.

 

Source: whoscored.com

Comments
Yuantoro arif sabdo
Nice infonya
Ahdan Maulana Muhammad
Mantap banget