Trending
Sabtu, 31 Juli 2021

Mengenal Macro Photography: Ambil Gambar Selayaknya Mata Elang, Bro!

  • Share

Mengenal Macro Photography: Ambil Gambar Selayaknya Mata Elang, Bro!

Banyak nggak sih di antara kita yang mencoba buat belajar fotografi? Atau mungkin lo adalah orang yang emang udah jago buat motret?

Kalo mau coba motret dengan next level, coba kenalan dulu sama metode fotografi yang satu ini – yaitu Macro Photography. Udah pernah dengar sebelumnya, bro?

Teknik fotografi yang satu ini emang punya keunikan tersendiri – karena mampu menunjukkan gambar yang detail dari suatu obyek, hal ini biasanya dilakukan untuk foto produk yang akan dipromosikan.

Karena namanya yang asing, emang nggak banyak orang yang tau mengenai teknik ini. Kalo punya bisnis dan berada di halaman ini, itu artinya lo udah berada di tempat yang tepat – karena kali ini MLDSPOT akan mengajak lo untuk memahami Macro Photography yang bisa lo manfaatkan. Langsung aja simak ulasannya di bawah!

Mengenal Macro Photography

Credit image – Shutterstock

Macro photography merupakan teknik fotografi yang dilakukan dengan cara memotret obyek dengan jarak yang dekat agar mendapatkan detail yang tinggi tanpa harus menggunakan mikroskop – melainkan menggunakan lensa macro. 

Teknik fotografi ini umumnya memiliki rasio 1:1 – di mana besar gambar yang diambil saat memotret akan sama dengan ukuran obyek yang asli. Teknik untuk fotografi ini bisa diambil menggunakan kamera DSLR yang udah memiliki mode makro. Dengan menggunakan kamera ini, lo bisa memotret menggunakan teknik ini tanpa memerlukan lensa makro khusus atau lensa kamera lainnya.

Memilih Lensa untuk Macro Photography

Credit image – Borrow Lenses

Kalo kamera yang lo gunakan belum memiliki fitur makro, berarti lo memerlukan lensa makro khusus. Lensa tipe ini umumnya memiliki perbesaran 1:1 – meskipun ada juga yang lebih dari itu.

Untuk memiliki lensa makro, sepertinya perlu menyiapkan dana yang cukup banyak – karena harganya pun cukup mahal. Dengan menggunakan lensa makro, para fotografer bisa melakukan eksperimen untuk memotret makhluk hidup atau benda mati secara detail agar obyek tersebut terlihat besar di dalam frame.

Selain membeli lensa yang cukup mengeluarkan dana yang cukup tinggi, ada beberapa alternatif lain yang bisa digunakan untuk melakukan teknik motret ini dengan menggunakan extension tube, reverse ring, atau menggunakan filter close-up.

Tips Macro Photography

Buat lo yang tertarik dan emang pengen belajar dengan teknik fotografi yang satu ini, MLDSPOT punya tips dan trik yang bisa dicoba nih, bro.

Yang pertama pastinya dengan menggunakan lensa makro – walaupun harganya emang menguras isi dompet, tapi lensa makro emang worth banget untuk dibeli. Pada dasarnya untuk memotret makro emang memerlukan lensa ini meskipun bisa menggunakan alat yang lain juga.

Yang kedua adalah lo bisa memilih terlebih dulu obyek yang akan di potret. Nggak semua obyek bagus buat pake teknik makro, terdapat beberapa obyek tertentu yang justru failed kalo di ambil dengan jarak dekat dan justru konteksnya jadi nggak jelas.

Yang selanjutnya, lo bisa menyesuaikan latar belakang foto dengan memilih latar belakang yang nggak berbenturan dengan obyek. Fotografer makro lebih memilih menggunakan latar belakang yang kontras dan posisinya terlihat lebih jauh dari obyek utama agar latar belakang menjadi blur.

Hal yang nggak boleh dilupakan dalam fotografi adalah cahaya, jadi pastikan ketika ingin memotret, obyek mendapatkan cahaya yang baik dan juga tepat. Kalo emang pencahayaannya kurang, lo bisa memanfaatkan pencahayaan tambahan seperti menggunakan ring light.

Buat yang pengen foto produk, macro photography ini bisa banget untuk lo coba. Tunggu apalagi – kalo punya kamera, langsung aja deh cobain teknik fotografi yang satu ini!

 

Feature image – Lincoln Product Photography UK

Comments

udah lama ngak pk teknik foto macro...thx for information
belum kebeli