Trending
Selasa, 23 Februari 2021

Mengenal Saham Blue Chip: Ternyata Beda dengan LQ45!

  • Share

Kata investasi sepertinya sudah nggak lagi asing terdengar ya. Mengingat, hampir seluruh kalangan – bahkan usia, semakin tertarik untuk menjalani kegiatan yang menguntungkan ini. Apakah lo juga termasuk salah satunya, bro?

Buat yang sudah berkecimpung di dunia investasi – pasti sudah familiar dengan berbagai istilah yang ada, seperti saham blue chip maupun LQ45. Meski sering dianggap sama, tetapi kedua kategori saham ini ternyata berbeda, lho – wajib lo ketahui nih!

Konon katanya, kategori saham blue chip lah yang terbilang relatif aman – bahkan cocok untuk para pemula. So, untuk yang sedang berminat untuk memulai investasi, saham ini bisa jadi pilihan yang serasi.

Saham blue chip juga tergolong relatif aman, lho. Jadi, buat yang masih awam sama dunia investasi – nggak perlu lagi ragu dalam memilih saham yang satu ini. Nah, biar lo makin mantap untuk memilihnya, baca ulasan lengkapnya sampai habis ya, bro!

 

Apa Itu Saham Blue Chip?

Saham Blue Chip

Credit image - idxchannel.com

Saham blue chip merupakan saham yang dimiliki oleh perusahaan – dan pastinya memiliki kualitas saham yang sudah terjamin. Bahkan, perusahaan yang memiliki saham tersebut biasanya merupakan pemimpin pasar, hingga sudah dianggap capable dalam menjalani usahanya.

Selain punya kualitas yang terjamin, saham yang termasuk dalam kategori blue chip juga memiliki track-record yang konsisten, lho – apalagi, kalau lo berminat untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Hal inilah yang membuat saham blue chip jadi favorit banyak investor.

Well, dengan kualitas terjamin dan performa yang konsisten – nggak heran kalau blue chip jadi kategori saham yang paling digandrungi. Lo juga termasuk nggak nih, bro?

 

Keuntungan Saham Blue Chip yang Wajib Lo Ketahui!

Saham Blue Chip

Credit image – bisnis.tempo.co

Setiap orang yang berinvestasi – termasuk lo, pasti menginginkan hasil alias keuntungan tinggi. Setuju kan, bro? Hal ini ternyata bisa diperoleh dengan berinvestasi dalam saham blue chip, lho. Saham ini dapat lebih stabil dalam menghadapi dinamika pasar – so, risiko harga saham turun drastis atau bahkan rugi bisa dihindari.

Meski punya hanya beli yang terbilang cukup tinggi, namun saham blue chip punya kemungkinan harga jual yang semakin tinggi pula. Tapi, keuntungan yang satu ini – bakalan semakin bisa dinikmati, ketika lo berinvestasi saham blue chip dalam jangka panjang.

Nggak berhenti sampai sini saja, bro. Saham blue chip masih punya keuntungan lainnya, seperti perusahaan pemilik saham akan memberi dividen yang rutin dan pasti. Dijamin bikin makin tertarik untuk investasi ya!

 

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Blue Chip dengan LQ45

Saham Blue Chip

Credit image - idxchannel.okezone.com

Selain saham blue chip, ada pula LQ45. Sering dianggap hal yang sama, tetapi kedua jenis saham tersebut memiliki perbedaan, lho. Sebenarnya, nggak semua saham LQ45 bisa disebut sebagai blue chip. Umumnya, blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang besar, serta sudah menjadi market leader di bidangnya.

Hal lain yang perlu lo ketahui – saham blue chip juga relatif lebih lama berada di pasar modal dan perusahaan terkait. Apalagi, kalau saham tersebut sudah mengalami peningkatan keuntungan dan perkembangan secara signifikan.

Saham blue chip juga punya karakterisik unik lainnya, seperti rasio utang dan aset yang stabil. Misalnya, blue chip yang ada di sektor perbankan, umumnya memiliki Debt to Equity Ratio yang nggak lebih dari 15 persen.

Saham yang termasuk dalam kategori ini juga punya performa yang konsisten – termasuk dalam membagi dividen kepada para investornya. Dan, saham blue chip juga punya kinerja yang solid – sehingga, saham ini hanya dimiliki oleh perusahaan yang dapat meraih laba rutin tiap tahun.

Gimana nih? Dari bahasan di atas, saham blue chip memang terbilang cukup aman dan menguntungkan ya. Nah, apakah lo makin tertarik untuk berinvestasi dalam kategori saham yang satu ini, bro?

 

Featured Image – caminofinancial.com

Comments

Bagus...........
kerennnnnnnnn