Trending
Rabu, 23 Desember 2015

Nulis Buku dan Self-Publishing ala Ollie

  • Share
  • fb-share
Nulis Buku dan Self-Publishing  ala Ollie

Nulisbuku.com adalah website yang bergerak di bidang penulisan buku yang bersifat self-publishing. Ollie, sapaan akrabnya ini menjembatani semua orang di Indonesia untuk bisa mempunyai buku sendiri.

Seperti yang kita ketehui sekarang, nerbitin buku itu susahnya bukan main. Mulai dari editor, layout halaman sampai memilih penerbit buku yang sesuai. Nulisbuku.com ternyata menjembatani itu semua, Ollie bersama rekan-rekannya sampai tahun 2014 kemarin sudah menerbitkan sekitar 700 buku dari penulis yang berbeda.

 

Sempat bekerja di pemerintahan tetapi keluar

Perjalanan karir Ollie ini cukup unik. Sebelum memutuskan untuk terjun di dunia startup, dia sempat bekerja di pemerintahan. Seperti orang kebanyakan, bekerja di pemerintahan adalah hal yang sangat menjanjikan. Setelah pada tahun 2006 Ollie memutuskan keluar dari pekerjaannya dan mulai menangani website kutukutubuku.com. Kutukutubuku adalah website jual beli buku yang pada tahun tersebut mengalami penjualan yang cukup lumayan.

 

Tentang self publishing

Sebelumnya, Ollie merupakan pribadi yang sangat senang sekali membaca dan menulis. Dia sejak di bangku sekolah pernah menuliskan beberapa cerpen. Jadi, Ollie mengetahui bahwa bagaimana rumitnya proses untuk menerbitkan buku. Dengan nulisbuku, lo bisa nerbitin buku lo sendiri. Nggak percaya diri dengan tulisan lo? Tim nulisbuku juga mempunyai beberapa editor yang akan ngebantu lo untuk mengedit naskah lo. Tentu untuk jasa editor, lo harus ngeluarin kocek lebih.

Selain itu, untuk masalah cover. Ternyata nulisbuku juga punyai jasa khusus untuk membuatkan cover yang pas. Jada pembuatan cover ini juga bisa lo pesan. Tetapi nih Urbaners, ketika lo sudah bisa mengedit naskah lo dan lo punya cover sendiri. Lo tentu nggak perlu mengeluarkan kocek dari pengiriman naskah sampai penerbitan.

Kok nggak perlu mengeluarkan kocek? Karena Nulisbuku baru akan membuat buku lo ketika ada yang pesen. Jadi, mereka lo nggak perlu bayar di awal untuk mendapatkan buku lo. Ini yang nggak didapat dari penerbit-penerbit lain dan ini juga yang disebut dengan self publishing.

Tentu Ollie tidak langsung sesukses ini ketika terjun di dunia startup. Beberapa kali Ollie harus keliling untuk mencari investor dan partner. Sekarang Ollie sedang membangun komunitas online yang saling membantu untuk mendapatkan ide-ide segar untuk menulis buku.

 

Source: maxmanroe.com, nulisbuku.com, www.andriewongso.com, girlsintechindonesia.com

Comments
Mursidin
Nice artikel
Ahmad cepi
Wah keren banget ya