Trendings
Jumat, 25 Desember 2020

Pengen Cepet Mapan? Ikuti Langkah Berikut, Bro!

  • Share

Kayaknya nggak ada orang yang nggak kepengen hidupnya serba stabil, terlebih dalam masalah finansial. Untuk beli barang tanpa harus liat harganya lagi juga pasti jadi impian semua orang, termasuk lo, ya kan, bro? sepertinya serentak jawaban akan mengatakan iya.

Bukan masalah budaya hidup yang terlanjur konsumtif atau mencoba ngikutin tren, kadang masih banyak diantara kita semua yang masih belum bisa membedakan mana barang yang memang kita butuhkan dan sebenarnya itu hanya keinginan semata – berawal dari situlah akhirnya uang yang lo terima setiap bulannya selalu merasa kurang dan merasa nggak punya tabungan yang bikin lo jadi stabil secara finansial.

Sekarang ini nggak bisa dipungkiri lagi kalau lo kerja karena emang butuh uang untuk memenuhi kebutuhan lo, tapi kalau nggak terpenuhi terus dan ngikutin gaya hidup yang terus berganti, kapan lo mau financially stable, bro?

Untuk bisa menjadi orang yang mapan dan dikatakan financially stable, berikut ada tips dan trik biar lo bisa mengotak-kotakan kebutuhan dan keinginan lo – biar di tahun baru ini lo bisa hidup lebih tenang, dan hemat, bro!

Mengelola Keuangan 101: Tentukan Prioritas Lo!

Biar tahun baru lebih mapan, ikuti langkah berikut, bro!

Credit image – willingway.com

Hal pertama yang harus lo lakukan dalam mengelola keuangan adalah lo harus mengetahui prioritas hidup lo, bro. Yang tentunya harus lo pikirkan pertama adalah kebutuhan diri lo sendiri – dalam hal ini bukan berarti egois dan jadi impulsive buying, tapi lo harus tau prioritas kebutuhan diri lo sebelum mengalokasikan uang lo untuk kebutuhan lainnya.

Seperti membeli kebutuhan sehari-hari, keperluan untuk menunjang karir, dan pengembangan diri lo. Yang harus lo inget, self-reward memang kebutuhan dari diri lo – tapi itu bukan yang utama. Jadi, self-reward nggak masuk ke dalam list kebutuhan prioritas lo ya, bro!

Atur Keuangan Dengan Cara 40-30-10!

Melihat angka-angka diatas mungkin lo sudah pusing duluan, tapi setelah lo membaca ini, lo akan tercerahkan bahwa mengatur keuangan dengan cara ini bisa sangat membantu lo dan mempermudah lo untuk mengalokasikan pendapatan bulanan lo dengan baik.

Yang pertama dari cara 40, untuk kebutuhan utama diri lo, lo bisa mengalokasikan 40% dari pendapatan lo. Mungkin terdengar sedikit, tapi dengan menerapkan cara ini bisa menyeimbangkan gaya hidup lo dengan pendapatan lo setiap bulan – itu merupakan hal yang baik untuk memulai tahun baru, bro!

Yang kedua, jangan sampai lo mengambil cicilan yang besarnya lebih dari 30% pendapatan lo. Dengan jumlah 30% itu sudah cukup menguras pendapatan lo, bro, gimana kalau lebih? Biar terkontrol, masimalkan jumlahnya di angka 30% aja ya, bro!

Yang ketiga, 4 kali dari 10% pendapatan lo bisa lo alokasikan untuk investasi, dana darurat, dan self-reward untuk diri lo sendiri, bro. Jumlah yang cukup kan, untuk lo menikmati pendapatan lo setiap bulannya, bro?

Manfaatkan Aplikasi Untuk Evaluasi

Biar tahun baru lebih mapan, ikuti langkah berikut, bro!

Credit image – infinitybusinessbrokers.com

Sekarang udah banyak banget aplikasi yang bisa membantu lo untuk mengatur keuangan lo, bro. udah banyak juga aplikasi yang juga menyediakan fitur investasi – semua all-in-one. bro!

Setelah lo menuliskan jurnal keuangan lo di aplikasi, setiap bulannya lo bisa meng-evaluasi hal apa yang salah dari pengalokasian pendapatan lo setiap bulannya, jika ada yang dirasa terlalu berat atau justru merasa kurang banyak uang lo simpan, lo bisa merubahnya dengan ritme yang sesuai dengan lo.

Untuk membeli kebutuhan dan hal-hal lain, ada baiknya juga lo memanfaatkan promo yang sering ada di e-commerce, bro. seperti belanja di tanggal kembar atau memanfaatkan promo gratis ongkos kirim – memang terkesan ribet sih, bro, tapi demi kehidupan yang lebih mapan, akan lebih baik begitu, bukan?

Meskipun hidup mapan merupakan keinginan dan harapan semua orang sejak dini sampai tua nanti, yang harus lo ingat dalam mempersiapkan keuangan lo untuk menjadi mapan yaitu: Kontrol Diri. Jadi, apakah lo siap untuk menjadi lebih mapan dan financially stable di tahun 2021 nanti, bro?

 

Feature image – storyblocks.com

Comments

Mantullll nihh
Bagusssssssssss