Trendings
Kamis, 02 April 2020

Perilisan iPhone 9 Ditunda dan Bakal Menjadi Live Streaming

  • Share

Virus Corona telah mewabah di lebih dari 150 negara. Ini membuat banyak aktivitas bisnis dan ekonomi menjadi terganggu, salah satunya adalah peluncuran iPhone 9. Produk terbaru Apple yang dijadwalkan rilis pada 30 Maret itu terpaksa ditunda, untuk menghindari kerumunan orang banyak yang berpotensi menjadi medium penyebaran COVID-19.

 

Ditunda Sampai Kapan?

iOs 11 sesaat setelah dirilis Apple pada 2017

Berbicara soal penundaan, sampai saat ini belum ada kabar jelas tentang kapan tanggal rilis yang pasti. Yang jelas, Apple menyatakan, kemungkinan besar peluncuran iPhone terbaru akan dilangsungkan saat wabah Corona benar-benar hilang. Dengan begitu, belum ada titik terang kapan iPhone 9 akan dipasarkan ke publik.

Mengutip laman Cult of Mac, ada beberapa alasan mengapa belum ada kepastian tanggal yang diambil untuk waktu perilisan yang telah ditunda. Salah satunya adalah California, basis Apple, saat ini menjadi salah satu wilayah dengan kasus COVID-19 terbanyak di Amerika Serikat. Lagi pula, pemerintah setempat juga telah melarang semua aktivitas yang melibatkan banyak orang sejak 11 Maret yang lalu.

Apple sendiri mengaku bahwa nggak hanya perusahaannya yang merasakan dampak dari COVID-19, tapi juga sebagian besar produsen teknologi di dunia. Nggak hanya produksi, proses penjualan juga ikut-ikutan terganggu. Sekadar diketahui, Amerika Serikat, tempat Apple bermarkas, saat ini menjadi tiga besar negara dengan kasus COVID-19 terbanyak di dunia.

 

Proses Produksi yang Telat

Proses manufaktur komponen iPhone di China.

Wabah Corona atau yang juga dikenal COVID-19 membuat sebagian besar proses produksi yang dilakukan produsen-produsen teknologi menjadi terhambat. Ini juga yang dialami Apple dalam memproduksi ponsel terbarunya. Adanya larangan beraktivitas di kota markas Apple membuat raksasa teknologi itu harus menghentikan beberapa aktivitas kerjanya.

Bukan hanya itu, Apple yang bergantung pada pabrik manufaktur di China juga otomatis merasakan dampaknya. Sebagai pusat dari penyebaran virus Corona, pemerintah negeri Tirai Bambu telah melakukan banyak pembatasan terhadap akses masuk dan keluar negeri. Dengan begitu, pengiriman komponen untuk iPhone seri terbaru juga terganggu.

 

Rilis secara Live Streaming

Apple dikabarkan akan merilis iPhone terbaru mereka secara live streaming

Sampai saat ini, Apple masih berusaha mengatur dan memikirkan matang-matang tentang penjadwalan ulang rilis ponsel terbaru mereka. Beberapa pertimbangan yang diambil adalah lama masa pengiriman bahan dari pabrik manufaktur, masa produksi komponen, serta kegiatan perakitan. Kemungkinan besar, iPhone 9 akan dirilis secara virtual atau live streaming, jika wabah ini belum berakhir dalam waktu dekat.

Kabar tentang peluncuran secara live streaming ini muncul ke permukaan setelah Apple memutuskan untuk menggelar Worldwide Developers Conference, acara tahunannya, secara virtual. Langkah ini diambil untuk meminimalisir penyebaran virus Corona yang sedang merebak. Phil Schiller, Chief Marketing Aplle, mengatakan bahwa live streaming adalah cara yang ideal untuk melakukan pertemuan dengan banyak kolega saat ini.

Jadi, apakah lo masih sabar menanti kehadiran iPhone 9?

 

 

 

Sources: Tirto.id, Detik, Kumparan.

Comments

Live Streaming
wih kerennnn