Trending
Rabu, 27 Januari 2021

Perkembangan Game Online: Dari Cuma Hobi Sampai Bisa di Gaji

  • Share
  • fb-share
Perkembangan Game Online: Dari Cuma Hobi Sampai Bisa di Gaji

Kalau kilas balik ke satu hingga dua dekade ke belakang, menjadi seorang gamers sepertinya masih menjadi hal yang dipandang sebelah mata. Pasalnya memang dari dulu game selalu identik dengan sebuah permainan – well, memang nggak salah. Memang itulah arti game sebenarnya.

Setelah game online semakin masif, semakin banyak orang yang mencoba main dan menjadi seorang gamers, akhirnya game online sekarang bukan hanya dipandang sebagai sebuah hobi – bahkan menjadi lahan rezeki.

Sepertinya lucu kalau kita mengulas balik mengenai pandangan orang-orang dulu tentang game online. Pasalnya sekarang nggak jarang orang yang memang menjadikan gamers sebagai pekerjaan utamanya. Dari main game online, tau tau bisa dapet cuan – siapa yang nggak mau?

Kali ini, MLDSPOT akan membahas mengenai perkembangan game online dari tahun ke tahun sampai akhirnya nggak lagi dipandang sebelah mata. Pastikan lo membaca sampai akhir, ya – karena siapa tau menjadi gamers ini juga salah satu passion yang selama ini lo miliki dan bisa lo kembangkan.

Mulai Jaya di Awal 2000-an

Bukan cuma sekedar mengisi waktu luang, jadi gamers juga sekarang menguntungkan! cek selengkapnya disini.

Credit image – The Merkle News

Pada awal tahun 2000-an atau sekitar tahun 2006 ke atas, game online mulai marak kehadirannya. Ditambah dengan menjamurnya warung internet atau yang lebih akrab dikenal warnet, anak muda kala itu mulai memilih untuk menghabiskan waktunya untuk main game online di warnet dibandingkan untuk nongkrong di café.

Kemunculan game-game online saat itu yang mulai hadir di antaranya adalah DotA, League of Legends, hingga Starcraft. Perkembangan ini akhirnya juga melahirkan banyak gamers. Lama kelamaan, game ini terbentuk komunitas sendiri dan mulai mengadakan kompetisi.

Dari kompetisi-kompetisi inilah akhirnya banyak melahirkan gamers profesional sesuai dengan game yang dimainkan. Dari kompetisi ini juga akhirnya meningkatkan tren menjadi seorang gamers.

Hobi tapi Dibayar

Mungkin awalnya untuk main game hanya dianggap sebagai hiburan semata. Tapi sejak banyaknya gamers profesional yang lahir, akhirnya kompetisi yang diadakan pun tidak lagi menjanjikan hadiah yang ‘receh’, tapi mulai menggiurkan!

Kompetisi kelas nasional atau internasional mulai memberikan hadiah dengan uang tunai dengan jumlah yang nggak sedikit. Hal ini pastinya disambut antusias oleh para gamers – baik yang sudah profesional ataupun yang masih melatih skill­-nya.Nggak jarang bahkan turnamen game online memberikan hadiah perangkat gaming yang harganya selangit.

Setelah turnamen dan kompetisi ini hadir, dunia game online semakin disadari kehadirannya oleh dunia, sehingga nggak lagi dipandang sebagai hal yang semata-mata dilakukan karena untuk menghilangkan bosan. Puncaknya di Indonesia sendiri pada tahun 2018 – sebagai tuan rumah dari Asian Games, Indonesia mendeklarasikan bahwa esport menjadi cabang olahraga yang dilombakan.

Mengingat keuntungan yang didapatkan pun nggak sedikit, setelah perkembangan yang terjadi dengan sangat pesat, nggak heran lagi kalau semakin banyak orang yang mencoba masuk ke dalam dunia game online ini bahkan menjadikannya sebagai profesi utama.

Tertarik? Ini yang Perlu Lo Siapkan!

Bukan cuma sekedar mengisi waktu luang, jadi gamers juga sekarang menguntungkan! cek selengkapnya disini.

Credit image - Mobygeek

Setelah membaca hal mengenai gamers yang bisa membawa keberuntungan, apakah lo seorang gamers yang juga tertarik untuk mencoba peruntungan menjadi seorang gamers profesional? Sebelum itu, lo perlu mempersiapkan beberapa hal penting, bro!

Sebelum melatih skill, lo harus mempersiapkan ‘alat tempur’ dalam game online terlebih dahulu – yaitu dengan meng-upgrade perangkat gaming lo. Seperti Laptop, PC, Headset, dan Keyboard. Alat-alat yang menjadi penunjang lo untuk bermain ini harus dipastikan membuat lo nyaman dan cukup canggih untuk game yang akan lo mainkan.

Setelah itu, lo bisa melatih skill dengan mencoba main dengan jam terbang yang tinggi. Lo juga bisa mengajak teman lo untuk ikut bermain bareng dengan membuat komunitas game sendiri – dengan cara ini pasti skill lo bisa ke-upgrade dengan cara yang menyenangkan.

Memang untuk punya kerjaan yang sesuai minat bahkan hobi itu bakal menyenangkan banget. Walaupun nggak tau sampai kapan industri ini akan berkembang, tapi sepertinya lo bisa menjadi gamers untuk side job lo, bro!

 

Feature game - lifewire

 

Comments
sumardiyono
nice artickenya
Ipangg
Bagusss dan kerenn irfancahyanugraha.blogspot.com