Trendings
Senin, 09 April 2018

Pioneer Pemain Free-Jazz Movement Piano Cecil Taylor Meninggal Dunia

  • Share

Jazz dikenal sebagai musik yang sangat kompleks, nggak semua orang bisa bermain musik jazz karena mereka mengedepankan feel ketika bermain. Pada tahun 1950an, musisi jazz Cecil Taylor dan Ornette Coleman menjadi pioneer free-jazz movement yang sangat terkenal sampai sekarang. Free-jazz movement adalah musik jazz yang dimainkan menggunakan alat musik tertentu dengan chord dan nada yang berbeda sesuai kehendak sang musisi.

Setelah tahun 2015 kemarin Ornette Coleman salah satu pelopor free-jazz movement meninggal dunia, sekarang dunia jazz ditinggal oleh Cecil Taylor. Jika Ornette Coleman adalah pelopor free-jazz movement yang terkenal menggunakan saxophone, maka Cecil Taylor ini terkenal menggunakan piano. Cecil Taylor meninggal dunia di usia 89 tahun di Brooklyn, Amerika Serikat.

 

Udah mahir piano sejak umur 6 tahun

Cecil Taylor

Cecil Taylor sangat beruntung dia besar di lingkungan middle-class yang berkecukupan. Walaupun nggak terlalu kaya, Cecil bisa lancar bermain piano sejak umur 6 tahun karena sedikit “dipaksa” oleh orang tuanya. Berkat keahlian bermain piano tersebut, Cecil masuk ke New York College of Music dan New England Conservatory. Di sana, Cecil belajar musik klasik yang sangat mempengaruhi dalam karir bermusiknya.

Album pertama Cecil berjudul Jazz Advance (1956) udah mendapatkan tanggapan luar biasa dari pecinta musik jazz di seluruh dunia. Secara nggak sadar, Cecil udah memopulerkan free-jazz movement. Setelah itu, hampir semua albumnya ini berkolaborasi dengan musisi jazz terkenal untuk menggalakkan free-jazz movement.

 

Free-jazz movement sekarang

Cecil Taylor

Sebutan free-jazz udah lama hilang ketika memasuki medio 2000an. Sekarang banyak orang yang menyebut permainan “bebas” ala jazz ini dengan sebutan improvised music. Di era modern ini, nggak hanya sekadar menggunakan alat musik piano, saxophone, atau gitar, improvised music ini juga menggunakan musik elektronik. Salah satu improvised music yang terkenal adalah DJ dengan EDM-nya.

Apakah free-jazz movement udah hilang? Nggak Urbaners, salah satu musisi free-jazz dari Indonesia yang terkenal adalah Joey Alexander. Kita harus bangga, ketika Cecil Taylor berpulang, salah satu pianis terkenal Indonesia yang masih muda bisa meneruskan titahnya.

 

Source: nme.com

Comments

Infoo nya mantapp
Mantulll bngett