Trending
Kamis, 14 Desember 2023

Rekomendasi 5 Game Lokal Populer di Steam

  • Share
  • fb-share
Rekomendasi 5 Game Lokal Populer di Steam

Zaman sekarang, beli game buatan developer lokal buat ngedukung ekonomi kreatif tanah air itu enggak susah. Soalnya, lo tinggal buka aplikasi Steam, Bro! Dari sana, lo bisa filter game berdasarkan negara asal tim developer-nya. Masalahnya, cara nge-filternya ini cukup tricky, terutama kalau lo penasaran nyari game lokal yang ada di sana. Don't worry, gue udah bikin list game lokal yang populer di Steam buat lo cobain, nih!

 

1. A Space for the Unbound

Kalau lo lagi nyari game lokal dengan visual yang manjain mata banget plus cerita yang bikin emosi lo bergejolak, gue saranin lo cobain A Space for the Unbound dari Mojiken Studios, Bro! Ceritanya, lo bakal explore gimana remaja yang bakal transisi ke masa dewasa harus berhadapan sama emosi mereka. Tapi, ada twist tambahannya: mereka juga musti coping sama kemungkinan dunia yang bakal kiamat.

Dengan pixel art yang ciamik, soundtrack yang syahdu, plus puzzle-solving mechanism yang oke, wajar aja kalau game ini pernah menang banyak award di ajang penghargaan bergengsi! Lo bisa langsung simak cerita lengkapnya, deh.

 

2. Coffee Talk 1 & 2

Di Coffee Talk, lo cukup perhatiin pesanan para penghuni dunia fantasi yang terinspirasi dari Kota Seattle, bikin minuman yang mereka mau, jawabin keluhan mereka, terus sit back and enjoy the soundtrack. Kalau mau, lo juga bisa sekalian ngulik resep semua minuman kopinya. Chill abis!

Oh iya, sama kayak A Space for the Unbound, kedua entri Coffee Talk udah pernah menang penghargaan yang jadi incaran banyak developer, Bro! Bahkan, bisa dibilang game keluaran Toge Productions ini termasuk salah satu dari sekian banyak pionir yang ngenalin kreativitas para developer lokal di tingkat internasional. Kalau lo mau tahu inspirasi di balik Coffee Talk, gue udah pernah ceritain di sini, Bro!

 

3. DreadOut

Sebelum seri Coffee Talk, ada juga game yang ngenalin budaya mistis Indonesia ke dunia internasional. Bahkan, udah sampai dijajal sama banyak content creator populer yang spesialisasinya di video Let’s Play pada zamannya. Please welcome, DreadOut dari Digital Happiness!

Mekanisme DreadOut bakalan familiar banget buat lo yang udah pernah main Fatal Frame atau Silent Hill sebelumnya. Soalnya, di game horor ini, lo musti bantu Linda yang terjebak di kota enggak berpenghuni biar bisa selamat dari para hantu. 

Tapi, lo enggak bakal dibekalin senjata berat sama sekali. Justru, modal lo cuma petunjuk di sekitar buat pecahin puzzle, plus smartphone buat nangkap hantu yang bisa muncul kapan aja.

 

4. Potion Permit

Selera lo lebih ke game latar fantasi ketimbang horor? Tenang, Bro, I’ve got you covered! Kalau lo pernah penasaran gimana rasanya bisa bikin ramuan sendiri, gue saranin lo coba game Potion Permit buatan MassHive Media

Ceritanya, lo bakal jadi alchemist kerajaan yang ditugasin buat nyembuhin penyakit anggota keluarga mereka–plus warga sekitar. Selama prosesnya, lo musti ngediagnosis gejala, ngumpulin bahan baku ramuan di alam terbuka sendiri, dan bikin ramuan yang pas.

Sama kayak A Space for the Unbound, visual Potion Permit juga terinspirasi dari JRPG tahun 90-an yang identik sama pixel art. Gue yakin, lo bakal immersed banget seolah lagi ada di dunia lain pas nyoba berbagai kombinasi bahan ramuan!

 

5. Troublemaker

Pernah main game Bully sebelumnya? Sama kayak gue, mungkin lo pernah ngebayangin gimana seandainya seri satu itu dicampur sama dunia tawuran kearifan lokal. Well, ternyata ada game Troublemaker dari Gamecom Team!

Di Troublemaker, lo bakal main sebagai Budi, murid pindahan yang musti beradaptasi di SMAN baru. Dari namanya aja, udah ketahuan kalau lo harus survive biar gak jadi bulan-bulanan. Caranya? Adu tinju ala beat-em-up, lah! Tapi, lo enggak bakal sendirian karena ada geng Parakacuk yang dibentuk sama Budi sendiri… dan lo juga harus naikin skill doi dengan ngehadirin kelas, terus ngejalin hubungan baik sama murid dan guru lain. 


Udah tahu mau coba game yang mana dari kelima rekomendasi di atas? Mau itu yang chill sampai nguji adrenalin, lo tinggal pilih sesuai selera aja! Soalnya, karya buatan para developer game di tanah air udah sama sekali enggak kaleng-kaleng, Bro. Buat nge-support mereka, pastiin lo beli langsung game-nya di Steam dan nantiin terus update dari mereka biar lo enggak kelewatan karya berikutnya!

Comments
Putra ragil
Good article
Selvi eyang surun
Good good..