Trending
Selasa, 23 Februari 2016

Seniman – Seniman Indonesia yang Diakui Dunia

  • Share

Ilmu seni dan Indonesia sepertinya sudah cukup melekat. Karena sejak dulu, sudah banyak para seniman-seniman asal Indonesia yang diakui dunia. Mulai dari seni lukis, seni musik, sampai seni tari. Ilmu seni di Indonesia terus berkembang dengan berjalannya waktu, semakin maju teknologi, demikian pula dengan karya seni tersebut. Dan lagi-lagi seniman Indonesia mengharumkan nama bangsa dengan karya-karya desain grafis atau ilustratornya. Inilah beberapa nama seniman Indonesia yang telah diakui dunia dalam kategori seni rupa bersama dengan berkembangnya zaman.

 

Raden Saleh

Raden Saleh bisa dibilang sebagai orang pertama di Indonesia yang go-international dengan karya seninya. Lukisan dengan tema romantis hasil karya Raden Saleh sudah menghiasi sejumlah museum di dunia seperti Rijkmuseum di Amsterdam, Belanda dan Louvre di Paris, Perancis. Bahkan para pejabat Eropa bisa dibilang cukup mengagumi karya-karyanya, sebut saja Sachsen Coburg-Gotha yang merupakan keluarga Ratu Victoria dan juga para Gubernur disana. Banyak banget penghargaan yang sudah didapatkan oleh Raden Saleh seperti bintang Ridder der Orde van de Eikenkoon (R.E.K.), Commandeur met de ster der Frans Joseph Orde (C.F.J.), Ksatria Orde Mahkota Prusia (R.K.P.) dan Ridder van de Witte Valk (R.W.V.) yang selalu disematkan pada bagian dada nya.

 

Basoeki Abdullah

Pasti lo pernah mendengar museum Basoeki Abdullah di Jakarta kan? Yap betul sekali, museum tersebut dibuat untuk mengenang seniman Indonesia kelas dunia ini. Basoeki Abdullah merupakan pelukis potret terkenal yang sering melukis para keluarga kerajaan dan juga kepala negara. Tidak hanya itu, Basoeki Abdullah juga gemar melukis tentang perjuangan dan alam bebas. Karya seni-nya tersebar ke lebih dari 22 negara di dunia mulai dari Asia sampai Eropa. Bahkan pada tahun 1974 Basoeki Abdullah dinobatkan menjadi pelukis Istana Merdeka.

 

Andre Surya

Nah kalau lo bertanya-tanya, kalau jaman sekarang siapa ya seniman Indonesia yang go-international seperti pendahulunya. Jawabannya adalah Andre Surya. Ia merupakan salah satu digital artist asal Indonesia yang sudah terkenal di berbagai negara karena hasil karyanya. Andre Surya merupakan satu-satunya orang Indonesia yang memiliki kesempatan untuk berpartisipasi di Industrial Light and Magic (ILM) Lucas Film yang terkenal. Ia juga pernah menjadi pemenang di Future World Contesr dengan karya City of Enhasa. Tidak hanya itu, Andre juga berpartisipasi dalam pembuatan film-film box office, seperti Ironman 2, Star Trek, Terminator Salvation, Transformers II: Revenge of The Fallen dan masih banyak yang lainnya!

 

Rini Sugianto

Sama seperti Adre Surya, Rini Sugianto berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan partisipasinya di bidang animasi dan visual effect. Rini pernah bekerja di WETA Digital yang merupakan salah satu perusahaan visual effect terbesar di dunia. Rini juga telah berpartisipasi di berbagai film Box Office dunia yang tentunya nggak asing lagi buat lo, seperti The Adventure of Tintin: The Secret of Unicorn, The Avengers, The Hobbit: An Unexpected Journey, Ironman 2, The Hunger Games dan The Hobbit: The Desolation of Smaug. Wow, nggak nyangka terdapat "tangan" Indonesia dalam pembuatan film-film keren tersebut.

Siapa bilang lo nggak bisa menjadi seperti mereka? Intinya adalah lo harus selalu giat dalam berkarya dan mengembangkan skill. Nah, kalau lo mau mengembangkan bakat seni lukis lo, ada kompetisi menarik nih, MLDSPOT Art & Sound Experience yang merupakan artwork competition di Instagram. Kreasi lo akan dinilai langsung oleh juri-juri profesional di bidang seni yaitu @handokohendroyono @darbotz @harimerdeka @faridstevy and @masjacob. Bagi 2 orang terpilih, akan mendapatkan masing-masing 2 tiket Java Jazz Festival 2016. Makanya buruan ikutan!

Comments

Inspirasii sekali
bangga dong