Trending
Kamis, 16 April 2015

Stretching While Working

  • Share
  • fb-share
Stretching While Working

Ngaku deh, nggak jarang lo yang sudah kerja keseringan duduk di belakang meja. Bahkan, kalau lo hitung-hitung sebagian besar waktu lo setiap harinya dihabiskan untuk duduk di belakang meja atau di belakang setir ketika perjalanan pulang pergi kantor. Tahu nggak sih bahayanya terlalu lama duduk? Yang paling sering lo rasain pastinya punggung lo suka sakit, tapi sebenarnya sudah banyak penelitian yang menyatakan lamanya duduk berkaitan dengan sejumlah penyakit berbahaya. Nggak mau, kan, Urbaners?

Seperti kata pepatah mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Jadi mulai sekarang coba deh Urbaners lebih banyak bergerak dibanding duduk di depan meja. Selingi aktivitas di kantor dengan bekerja sambil berdiri menggunakan standing desk. Kalau memang nggak ada, banyak kok cara membuat standing desk yang bisa lo cari di internet. Tapi ingat juga ya, seperti halnya duduk, lo juga nggak boleh terlalu lama berdiri. Cara lainnya yang bisa Urbaners terapkan mulai sekarang adalah ambil istirahat 5 menit setiap bekerja 30-45 menit. Berjalanlah di sekitar kantor, isi botol atau gelas minum lo di dapur kantor atau basa-basi sama teman-teman lain di kantor lo, yang penting tubuh lo bergerak dan nggak duduk terus.

Nah, selain berjalan-jalan setiap 30-45 menit sekali, lo juga bisa melakukan beberapa gerakan stretching yang cukup sederhana. Lo bisa mencoba menggerakkan kaki lo ke depan, ke belakang, ke kiri, dan ke kanan. Gerakan ini efektif untuk peregangan dan bisa mengendurkan ketegangan di pinggul dan paha belakang yang bisa terjadi kalau lo terlalu lama duduk. Temukan sesuatu yang bisa menjadi tempat lo menahan keseimbangan, lalu ayunkan kaki lo ke depan dan ke belakang setinggi mungkin. Lakukan sampai 20 ayunan baru lo bisa berganti kaki. Habis itu lakukan juga ayunan ke kiri dan ke kanan sejauh yang lo bisa, sama juga lo bisa lakukan sampai 20 ayunan baru lo ganti kaki yang berayun.

Lo juga bisa coba jongkok selama 30-60 detik. Gerakan jongkok bagus buat lo meregangkan bagian-bagian tubuh lo yang tegang selama duduk. Coba juga gerakan lain seperti mengangkat kaki lo ke atas meja sambil dilipat atau melakukan couch stretch seperti yang ada di gambar kalau di kantor lo tersedia sofa atau tempat duduk yang bisa lo manfaatkan.

Jadi, gimana Urbaners? Sebenarnya nggak terlalu susah kan biar badan lo tetap sehat saat pekerjaan lo banyak di depan meja kerja. Jangan lupa dipraktekkan ya, Urbaners!

 

 

 

 

Comments
AGUS NAWING
Keren banget
Pahrudin
Mantap bngtt