Trending
Rabu, 07 Februari 2018

Taksi Drone Pertama di Dunia Sukses Melakukan Test Drive

  • Share
  • fb-share
Taksi Drone Pertama di Dunia Sukses Melakukan Test Drive

Urbaners, kalau akhir-akhir ini di Indonesia sedang marak ojek online, di Dubai sana justru sudah ada demo live taksi drone yang sukses mengudara untuk pertama kalinya. Inovasi perjalanan yang semula nggak masuk akal ini sudah bisa direalisasikan dan menarik perhatian seluruh dunia layaknya kehadiran kereta super cepat Hyperloop di Amerika Serikat. Jadi penasaran, kan, seperti apa keseruan naik taksi drone ini?

 

Mampu Menempuh Perjalanan Sejauh 50 Kilometer

Taksi drone yang beberapa waktu lalu melakukan test drive di atas kota metropolitan, Emirati, ini kabarnya mampu terbang sejauh 31 mil atau setara dengan 50 kilometer. Pada pengujian awal kemarin, waktu tempuh yang dapat dijangkau oleh taksi pesawat tanpa pilot ini maksimal selama 30 menit mengudara. Namun, nggak menutup kemungkinan akan dikembangkan teknologi baru yang dapat membuat taksi ini terbang lebih jauh dan dengan durasi lebih lama.

 

Hanya Untuk 1 Orang Penumpang

Dengan kecepatan rata-rata 100 kilometer per jam, taksi drone ini sayangnya nggak bisa dimanfaatkan untuk mengurai kemacetan di jalan raya. Pasalnya, lo cuma bisa naik sendirian ataupun bersama barang bawaan dengan syarat beratnya nggak lebih dari 100kg. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, mengingat ukuran taksi drone yang memang tidak luas dan hanya memiliki tempat duduk untuk 1 orang aja.

 

Pernah Diuji Coba di Nevada, Amerika

Sebelum sukses diuji coba di Dubai, taksi drone Ehang 184 buatan China ini rupanya pernah melakukan test drive di wilayah udara Nevada, Amerika Serikat pada bulan Juni 2017 silam. Akan tetapi, pengujian yang dilakukan saat itu belum berhasil sehingga banyak pihak meragukan taksi drone ini dapat benar-benar diwujudkan sebagai alat transportasi canggih.

 

Akan Berkolaborasi dengan Uber

Urbaners, setelah lulus uji coba, taksi drone ini rencananya akan dioperasikan oleh Uber pada bulan Oktober mendatang. Bahkan, pihak Uber telah menetapkan besaran tarif yang harus dibayarkan penumpang taksi drone yang digadang-gadang akan lebih murah jika dibandingkan dengan tarif UberX standar perusahaan sekarang. Tarif ini lebih murah karena taksi drone bisa menghemat waktu perjalanan dari 2 jam menjadi 15 menit saja.

 

Keberadaan taksi drone ini memang menjadi inovasi terbesar di dunia transportasi udara, khususnya di Dubai. Namun, perlu diingat bahwa taksi drone ini masih membutuhkan lisensi yang jelas serta undang-undang yang mengatur transportasi udara demi keamanan dan keselamatan penumpangnya. Semoga benar-benar bisa diwujudkan ya, Urbaners!

Comments
Musdalifa
mantap....
I Made Seputra
nice info mld