Trending
Rabu, 30 Desember 2020

Tertarik Dengan Minimalism Lifestyle? Lo Harus Terapkan 5 Mindset Ini, Bro!

  • Share

Dalam menerapkan gaya hidup, sekarang banyak banget orang yang punya jalannya masing-masing. Sesuai ritme diri lo sendiri, lo pasti bakal mengikuti gaya hidup yang paling cocok dan enjoy untuk lo jalanin – yang paling penting, gaya hidup lo harus lo sesuaikan dengan pemasukan lo ya, bro!

Sekarang ini banyak banget orang yang menerapkan gaya hidup minimalis. Bukan sekedar gaya hidup dengan serba cukup, gaya hidup ini juga mengajak lo untuk menerapkan mindset untuk lebih memaknai hidup.

Hidup seringkali dipandang sebagai sesuatu yang harus lo bahagiakan terus, dengan beli-beli barang yang lo pengen – padahal belum terlalu lo butuh.Gaya hidup kayak gini sebenernya sehat-sehat-nggak, bro. Kalau lo terusin, akan jadi boomerang buat diri lo sendiri, bro!

Hidup minimalis dalam bentuk mindset diperkenalkan oleh Francine Jay lewat bukunya yang berjudul “Seni Hidup Minimalis”, kalau lo tertarik untuk menerapkan gaya hidup ini, coba dimulai dari mindset nya dulu aja, bro. Simak dibawah ini ya!

Sortir Setiap Barang Dari Kegunaannya

Bukan sekedar gaya hidup, ini mindset yang harus lo terapkan dalam minimalism lifestyle!

Credit image – shutterstock.com

Setiap barang sebenarnya punya fungsi nya masing-masing, yaitu fungsional, dekoratif, dan juga emosional. Mungkin ada banyak barang lo yang punya sebenarnya tidak memiliki salah satu dari ketiga fungsi itu – yang akhirnya malah menjadi sia-sia, selain wasting money, wasting tempat juga, bro!

Mulai membiasakan diri dalam memberi barang sesuai kebutuhannya, kegunaanya, dan fungsinya bagi lo baik untuk kehidupan sehari-hari ataupun jangka panjang. Dengan memilih dan membeli barang sesuai dari ketiga fungsi diatas, pasti lo jadi mudah mensortir barang yang ada dan keuangan lo jadi lebih teratur deh, bro.

Semakin Sedikit Akan Semakin Baik

Setelah lo memilah barang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, nantinya lo akan menyadari bahwa semakin sedikit barang yang lo punya akan semakin simple juga gaya hidup yang lo miliki. Tanpa banyak uang, tenaga, dan waktu yang lo hasilkan, lo bisa dengan sendirinya menyadari bahwa gaya hidup ini akan memudahkan hidup lo.

Bukan berarti lo dituntut untuk hidup dalam keterbatasan, tapi minimalis akan mengajarkan lo untuk hidup serba cukup. Dari sinilah lo akan bisa memaknai value hidup – bahwa tanpa harus mewah dan berlebihan, lo juga bisa Bahagia, bro!

Menikmati Hidup Dengan Rasa Cukup

Kalau selama ini masih banyak orang yang menganggap kalau menjadi kaya adalah cara menikmati hidup yang paling baik. Menjadi orang minimalis lo harus menjauhi kata-kata itu, bro. Karena di dalam gaya hidup ini lo benar-benar diajarkan untuk menjadi orang yang selalu berkecukupan, apapun status ekonomi lo.

Menjadi orang yang cukup dalam hal ini bukan masalah finansial, tapi lo akan menganggap diri lo orang yang ‘kaya’ hanya dengan hidup berkecukupan. Tanpa harus memiliki goals yang tinggi, lo tetap bisa menjadi orang yang special kok – karena lo akhirnya akan menyadari, nggak semua hal harus lo miliki, bro!

Menikmati Dengan Mengapresiasi

Bukan sekedar gaya hidup, ini mindset yang harus lo terapkan dalam minimalism lifestyle!

Credit image - silkhaar

Sebagai makhluk hidup lo butuh pengakuan dari lingkungan dimana lo tinggal. Di gaya hidup minimalis ini lo akan sedikit berbeda, bro. Memang semua orang butuh pengakuan dan apresiasi, tapi semua nggak melulu datang dari orang lain, bro – semua bisa datang dari diri lo sendiri!

Mungkin akan terdengar kepedean, tapi dengan mengapresiasi diri lo sendiri dengan segala hal berkecukupan yang lo miliki bisa jadi hal yang merilekskan diri lo dari kehidupan yang gaduh diluar sana. Dengan mengapresiasi diri sendiri lo bisa lebih mengenal diri lo sendiri dan nggak mudah terpengaruh orang lain.

Ruang sendiri yang lo ciptakan dalam diri lo yang nantinya akan membuat lo merasa hidup dengan mewah meskipun hanya dengan berkecukupan. Seluruh mindset yang ditanamkan pada gaya hidup minimalis ini secara tidak langsung membuat hidup lo jadi lebih simple juga, bro!

Setelah membaca artikel ini, lo jadi tau kan, kalau minimalis bukan sekedar gaya hidup aja, tapi juga penerapan mindset yang membantu lo untuk menjadi orang yang mudah bersyukur juga. Dari membaca artikel ini juga lo jadi sadar kan, kalau menjadi bahagia nggak melulu soal materi.

Kalau lo ingin mengetahui lebih lanjut gaya hidup minimalis lebih dalam, silahkan baca sendiri buku Francine Jay ya, bro!

 

Feature image – urbanrhytm.co.au

Comments

Informasi yang menarik
mantaplah ini