Trending
Selasa, 25 Agustus 2015

The Coolest Turntables Ever Made

  • Share
  • fb-share
The Coolest Turntables Ever Made

Turntable memang banyak jenisnya, mulai dari yang berkonsep vintage sampai yang paling modern sekalipun. Luasnya pilihan ini mungkin menyulitkan lo yang ingin membeli satu turntable baru untuk memutar lagu di rumah. Tapi, kalau lo termasuk orang yang simple dan menyukai keindahan, tampaknya turntable buatan Yakir Buaron, desainer sekaligus mahasiswa Shenkar College, ini cocok buat lo. Tanpa banyak memakai komponen, turntable minimalis ini tetap memiliki keunggulannya tersendiri.

Berbeda dari kebanyakan turntable yang udah ada sebelumnya, turntable karya Yakir justru memperlihatkan cara kerja dari turntable itu sendiri. Lo bisa melihat bagaimana jarum dan vinyl record bisa menyatu secara harmonis. Mengandalkan unsur kesederhanaan dari turntable itulah, Yakir ingin membuat suatu hubungan antara gerakan dan musik dengan penekanan pada irama yang linear. Turntable ini sendiri telah dipertunjukkan di sebuah pameran yang diselenggarakan oleh Shenkar College.

Nggak jauh berbeda dengan turntable yang diciptakan oleh Yakir, perusahaan baru asal Chicago, Gramovox, pun membuat sebuah turntable yang memperlihatkan caranya bekerja. Hanya aja, turntable ala Gramovox memutar vinyl record secara vertikal. Perbedaan mencolok ini tentu bisa menarik perhatian siapa pun yang menyukai hal-hal anti-mainstream. Terbukti, turntable Gramovox langsung memperoleh $50,000 funding goal hanya dalam waktu tiga jam setelah turntable ini diluncurkan di situs Kickstarter.

Nah, kalau lo mengidamkan turntable yang kokoh, tapi tetap terlihat simple dan cool, turntable besi ala US design house Fern & Roby adalah jawabannya. Jika turntable buatan Yakir Buaron dan Gramovox lebih menonjolkan elemen kayu, turntable buatan Fern & Roby malah mengandalkan elemen logam. Dasarnya yang berbobot 70 pon itu mampu menyangga piring perunggu yang berbobot 35 pon, sehingga dapat mengurangi resonansi. Selain itu, turntable unik ini juga dilengkapi dengan Rega 303 tone arm dan real-time digital speed control.

Walau memiliki keunggulannya masing-masing, namun turntable ala Yakir Buaron, Gramovox, dan Fern & Roby sama-sama terlihat bersih dan rapi. Perpaduan warnanya yang kalem pun sangat pas untuk membangun suasana yang tenang di dalam rumah. Mungkin lo harus benar-benar memiliki salah satu dari  ketiga turntable ini kalau lo mengidamkan nuansa rumah yang lembut dan hangat.

Source : designtaxi.com, www.factmag.com, www.yankodesign.com 

 

 

Comments
Riza Astuti
Turntable memang banyak jenisnya, mulai dari yang berkonsep vintage sampai yang paling modern sekalipun.
SRI YAYA ASTUTI
The Coolest Turntables Ever Made