Trending
Rabu, 14 Juli 2021

Tingkatin Engagement Youtube Lo dengan 5 Strategi Promosi Ini

  • Share
  • fb-share
Tingkatin Engagement Youtube Lo dengan 5 Strategi Promosi Ini

Sebagai penikmat sosial media khususnya Youtube, kita semua terbagi menjadi dua – sebagai penikmat konten dan juga pembuat konten. Sekalipun lo adalah seorang penikmat konten, pasti pernah terbesit untuk bikin konten yang keren dong, bro?

Buat lo yang suka bikin konten, kadang engagement rate nggak naik-naik bikin kesel banget. Ngerasa udah bikin konten maksimal, tapi ternyata masih ada kurangnya. Jangan pusing dulu, karena lo bakalan dapetin 5 tips buat bikin konten youtube lo secara maksimal di artikel ini!

Bikin Judul sesuai Youtube SEO

Promosi Youtube

Credit image – Backlinko

 

Judul merupakan bagian penting dalam sebuah video – karena hal inilah yang dilihat pertama yang yang dilihat oleh subscriber lo ketika konten muncul di beranda. Para penikmat Youtube akan tertarik untuk meng-klik video yang dirasa memiliki judul yang menarik.

Untuk itu, lo bisa memanfaatkannya dengan memastikan judul video yang lo bikin terdiri dari 60 karakter atau kurang. Karena kalo nggak, YouTube akan memotong judul dalam tampilan di situs atau aplikasi.

Lalu, sertakan keyword yang sesuai di bagian awal judul – hal ini dilakukan karena sebagian besar penonton hanya baca awal kalimat judul aja. Meskipun begitu, hindari judul clickbait ya, bro.

Karena meski bisa mendatangkan penonton dalam jumlah yang cukup besar, hal ini bisa merusak reputasi. Tapi kalo lo masih bingung karena nggak bisa bikin judul menarik, YouTube punya fitur autocomplete yang bisa membantu menemukan keyword loh!

Bikin Konten sesuai Keinginan Audiens

Apa pun jenis konten yang kamu dibikin, pastikan video yang lo bikin sesuai dengan kemauan audiens. Hal ini merupakan cara terbaik untuk lebih mengenal audiens dan dengan cara ini lo juga lebih mudah untuk menarik audiens.

Tapi buat lo yang pemula, coba deh – lakukan riset dengan intip gimana video YouTuber atau content creator lain dalam mempromosikan akun dan konten-konten yang dibuatnya. Lo bisa memanfaatkan fitur analytics untuk melihat informasi secara mendetail mengenai demografi audiens, lokasi, keterlibatan dan data-data penting lainnya.

Bikin Thumbnails Sendiri!

Promosi Youtube

Credit image – Youtube, Zulf Photography

 

Thumbnails punya peran yang nggak kalah penting – bahkan bisa dibilang bisa lebih penting dari judul video sendiri. Mengingt aotak manusia dirancang untuk memperhatikan visual terlebih dulu, maka otak kita akan memproses tampilan visual dalam waktu kurang dari 13 detik sebelum melihat yang lain.

Untuk membuat thumbnails lo emang bisa memanfaatkan fitur otomatis di YouTube, namun sangat disayangkan karena tampilannya buram dan kurang fokus. Untuk itu akan lebih baik kalo lo bisa bikin thumbnails khusus untuk video yang diunggah. Sekarang ini ada banyak situs pembuat thumbnails yang bisa lo manfaatkan untuk menghasilkan thumbnails yang menarik.

Lakukan Cross-Promote Video

Pernah nggak sih lo bertanya-tanya gimana cara Youtuber untuk membahas topik menarik di video-video mereka?

Kalo pengen coba trik ini, lo juga bisa mendatangkan lebih banyak viewer untuk menonton video-video lama yang terdapat di akun lo untuk melakukan cross-promote di video terbaru. Cukup sertakan link di deskripsi video lo, bro!

Coba Bikin Giveaway, Bro!

Promosi Youtube

Credit image – Dreams Time

 

Siapa sih di antara lo yang nggak suka dengan hadiah ataupun barang gratis? Begitu juga dengan audiens lo di Youtube.

Hal ini bisa lo manfaatkan dengan memberikan hadiah atau giveaway kepada para penonton lo. Bica dicoba dengan bikin kontes di akun YouTube  untuk mendorong orang men-subscribe channel lo.

Untuk syaratnya, lo cukup minta mereka untuk me-like, meninggalkan komentar atau men-subscribe channel, karena dari sini lo bisa nambah engagement dengan mudah, bro!

Sekarang lo udah tau kan gimana cara ningkatin kualitas video dan membuat video yang engaging di Youtube? Langsung di coba aja ya, bro!

 

Feature image – Entrepreneur
Comments
Dhani gunawan ganjar atmojo
Artikelnya bagus
Anugrah arsyad
Tingkatin Engagement Youtube Lo dengan 5 Strategi Promosi Ini