Trending
Kamis, 14 Februari 2019

Tips Bekerja Di Coworking Space

  • Share

Popularitas coworking space belakangan ini kian meroket. Sebagai ruang kerja bersama yang punya banyak kelebihan dibanding kantor biasa, coworking space jadi pilihan tepat generasi milenial dan perusahaan rintisan atau startup company.

 

Tips Bekerja di Coworking Space ala Milenial

Tak sedikit pekerja generasi millenial yang senang bekerja di coworking space. Sayangnya, terkadang waktu bekerja di sana juga bisa menjadi tidak efektif sehingga pekerjaan terbengkalai. Supaya lo bisa bekerja secara efektif di coworking space, berikut beberapa tipsnya.

  • Pilih Coworking Space yang Pas dengan Kebiasaan dan Kebutuhan Kerja
    Coworking space secara standar pasti menawarkan meja kerja, listrik, dan akses internet; tapi ada baiknya lo harus cari tahu layanan lain yang disediakan lalu membandingkannya dengan kebiasaan dan kebutuhan kerja lo. Misalnya, lo biasa ngopi sambil mikir agar lebih kreatif dan semangat, maka lo bisa pilih coworking space yang berbarengan sama kafe, atau setidaknya yang punya kitchen agar lo bisa bikin kopi sendiri.

    Pastikan juga coworking space tersebut memenuhi kebutuhan kerja Urbaners. Misalnya kalau lo pengen meeting, maka carilah lokasi dengan ruangan meeting atau untuk berkumpul sama banyak orang. Lain halnya kalau lo butuh menggunakan lebih dari satu gadget, pastikan colokan listrik yang ada bisa mengakomodasinya. Kalau enggak, bawa kabel rol sendiri agar nggak terganggu saat bekerja.
     

  • Pilih Coworking Space yang Fleksibel Waktu
    Umumnya, coworking space menawarkan tarif per jam, harian, atau bulanan, serta bisa juga disertai dengan paket-paket tertentu. Jika lo hanya membutuhkan coworking space di saat tertentu saja, bisa pilih yang harian. Tapi jika butuh secara rutin, maka paket bulanan jauh lebih menguntungkan.
    Coworking space juga memiliki jam operasional untuk diakses pengunjung. Oleh sebab itu, sebaiknya lo cari tahu dulu waktu kerja terbaik saat memilih coworking space. Kalau lo punya jam kerja yang bebas, lo bisa pilih coworking space yang jam buka dan jam tutupnya panjang.
     
  • Jadikan Kenyamanan Pertimbangan yang Penting
    Logikanya, jika fasilitas untuk kebutuhan kerja yang krusial tersedia dengan baik, maka lo pasti bisa bekerja dengan baik. Namun, memilih coworking space nyaman dan punya atmosfer cozy penting banget untuk performa kerja lo. Dengan suasana yang nyaman, lo bisa bekerja lebih maksimal dan makin kreatif.

    Kenyamanan juga berperan penting agar lo betah dan nggak cepet capek. Dengan demikian, pekerjaan yang bisa diselesaikan pada hari tersebut lebih banyak sehingga efektivitas kerja menjadi sangat baik.
     

  • Manfaatkan Coworking Space secara Sosial
    Seperti namanya, coworking space merupakan tempat kerja bersama, sehingga lo bisa memanfaatkan jejaring sosial & pertemanan dengan orang-orang yang bekerja di sana. Apalagi jika lo berlangganan paket bulanan, pastinya akan ketemu terus setiap hari. Nah, tak ada salahnya berkenalan dan menambah pertemanan. Banyak lho bisnis atau kesempatan lain yang muncul karena lo punya banyak kenalan.

    Meski demikian, jika Urbaners butuh ketenangan lebih, atau sedang ingin konsentrasi tanpa diganggu pengunjung lain, lo bisa pilih private office atau memanfaatkan headphone sebagai alat bantu untuk mengurangi kebisingan yang mungkin terjadi karena banyaknya pengunjung coworking space.

Coworking space memang menawarkan kelebihan-kelebihan dari kantor biasa, namun jika Urbaners nggak memilih dengan benar, maka justru akan sangat boros dalam hal operasional kerja. Oleh karena itu, dengan memahami keempat tips di atas, lo bisa mempersiapkan diri dahulu sebelum memilih coworking space yang cocok.

 

Sumber :
lifestyle.bisnis.com/read/20190622/219/936624/tips-kerja-di-coworking-space
cohive.space/blogs/4-tips-sebelum-memilih-coworking-space-biar-kalian-gak-rugi
cermati.com/artikel/meningkatkan-kretivitas-hingga-karir-ini-dia-keuntungan-bekerja-di-coworking-space

Comments

Terimakasih infonya
Tips yang bermanfaat