Trending
Jumat, 25 Agustus 2017

Tomorrow People Ensemble, Siap Hipnotis Pendengar dengan Musik Jazz

  • Share

Indonesia sebenarnya punya banyak banget musisi jazz berbakat, lho. Selama ini, lo mungkin cuma tahu nama-nama besar seperti Tompi, Sandy Sandhoro, atau Eva Celia. Kalau lo memang suka mendengarkan musik jazz, ada satu grup yang wajib masuk ke radar lo, yakni Tomorrow People Ensemble. Meski mungkin masih terdengar asing, grup musik jazz ini sebetulnya sudah cukup lama berdiri, tepatnya sejak awal tahun 2000-an.

 

Nama Band yang Penuh Makna Filosofis

Tomorrow People Ensemble terdiri dari musisi-musisi jazz papan atas Indonesia, yakni Nikita Dompas pada gitar, Indra Perkasa pada contra bass, Adra Karim pada keyboard, dan Elfa Zulham pada drum. Pemilihan nama Tomorrow People Ensemble pun bukannya tanpa alasan. Kata “tomorrow people” punya makna selalu melihat ke depan tanpa sepenuhnya menghiraukan masa lalu. Sedangkan, kata “ensemble” berarti sekelompok musisi yang bermain alat musik dan bernyanyi bersama.

 

Mulai Sering Manggung Sejak 2004

Meski sudah manggung bareng sejak awal tahun 2000-an, baru pada tahun 2004 lah karir Tomorrow Ensemble People mulai menanjak. Setelah beberapa kali manggung di berbagai acara gigs, mereka berkesempatan untuk mengadakan konser mini di ajang Pondok Pinang Concert Practice. Acara tersebut didirikan oleh Indra Lesmana dan Aksan Sjuman, di mana mereka mengadakan jam session tiap Jumat sore.

Sejak saat itu, Tomorrow People Ensemble mulai sering manggung di festival musik dengan skala lebih besar. Beberapa di antaranya adalah Pasar Jazz pada April 2004 dan konser di Institut Musik Daya pada Agustus 2004. Bahkan pada September 2016 kemarin, Tomorrow Ensemble People juga tampil di festival musik yang diadakan di Jepang, yakni Motion Blue Yokohama dan Kanazawa Street Jazz Festival.

 

Nggak Cuma Terinspirasi oleh Musik Jazz

Meski dikenal sebagai grup musik jazz, dalam menciptakan lagu, Tomorrow People Ensemble sama sekali nggak membatasi sumber inspirasi. Mereka juga cukup sering mendengarkan lagu-lagu bergenre rock n roll, blues, reggae, electronic music, afro Cuban, hingga musik tradisional Indonesia. Makanya, nggak heran kalau Tomorrow Ensemble People cukup sering membawakan cover dari lagu-lagu dari Nirvana dan Led Zeppelin, lalu menyulapnya menjadi musik jazz. Seru abis!

Dengan keunikan yang dimiliki dan musik yang menghibur, Tomorrow People Ensemble selalu sukses menghipnotis siapa pun yang menontonnya. Lo pasti bakal langsung berubah jadi fans mereka begitu mendengarkan salah satu lagu atau menonton penampilannya!

 

 

Sources: facebook.com, wartajazz.com

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!