Trending
Selasa, 01 September 2020

Tren Review Makanan: Ini 3 Cara Tepat Melakukannya. Tertarik Mencoba?

  • Share
  • fb-share
Tren Review Makanan: Ini 3 Cara Tepat Melakukannya. Tertarik Mencoba?

Ada yang sudah pernah coba pakai filter di Instagram yang bisa membuat lo seperti influencer yang sedang review makanan? Filter ini dipenuhi oleh kata-kata seperti ‘jujur seenak itu’, ‘gak ngerti lagi enak banget mau meninggal’ dan kata-kata sejenisnya.

Kalau benar para influencer me-review makanan seperti ini, malah semakin bingung tidak sih – sebenarnya rasa dari makanan atau minuman itu seperti apa? Tidak ada penjelasan yang logis antara rasa makanan tersebut dan kata-kata yang ada di filter Instagram itu.

Apakah penilaian makanan atau minuman bisa seperti itu?

Eits tenang, kita tidak perlu justifikasi cara mereka, kalau lo tahu sebenarnya bagaimana cara untuk me-review makanan yang benar. Dilansir dari USS Feed, setidaknya ada tiga sampai empat cara yang masih masuk akal untuk menilai atau me-review makanan atau minuman yang ada di depan lo.

Waduh sudah penasaran lo bagaimana cara me-review makanan yang setidaknya cara-cara di bawah ini masih masuk akal. Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

Lo Bisa Mulai Dari Mata

cara review makanan yang benar seperti influencer betulan

Tren Review Makanan: Ini 4 Cara Tepat Melakukannya. Tertarik Mencoba? Credit image: menshealth.com

Makanan atau minuman sebelum lo coba dan lo nilai, tentu bisa lo perhatikan dengan seksama. Hal ini tentu dikarenakan oleh bentuk, warna, komposisi dan kondimen yang menunjang makanan atau minuman tersebut.

Nah berbagai hal itu yang bisa lo ceritakan terlebih dahulu. Bagaimana bentuknya, teksturnya seperti apa, warna dan komposisinya enak dilihat atau tidak, dan kondimennya yang menggugah selera atau tidak – semua itu bisa lo ceritakan.

Dari cerita tersebut, tentu review makanan lo jadi lebih detil, lebih berisi. Tidak langsung mencicipinya tapi lo bisa menilai juga dari bentuk penampilan atau visualnya dari makanan atau minuman yang ada di depan lo.

Lanjut ke Aromanya!

Langkah kedua – setelah lo selesai menceritakan bagaimana penampilan dari makanan atau minuman tersebut, lo bisa menceritakan bagaimana aromanya. Setiap makanan biasanya mempunyai aroma yang kompleks. Kalau lo kesulitan untuk mendefinisikannya, usahakan mencium aroma yang dominan saja.

Apakah aroma pangganggan yang khas, apakah aroma yang lainnya – bisa banget lo ceritakan, sehingga review makanan atau minuman lo lebih berbobot dibandingkan dengan review makanan lainnya. Walau singkat, tapi menceritakan aroma dari makanan atau minuman tersebut adalah informasi yang oke, lho!

Barulah Turun Lagi ke Mulut!

cara review makanan yang benar seperti influencer betulan

Tren Review Makanan: Ini 4 Cara Tepat Melakukannya. Tertarik Mencoba? Credit image: migrationology.com

Tahap ketiga ini adalah tahap di mana lo bisa jadi reviewer makanan atau minuman yang berbeda daripada yang lainnya. Makanan biasanya mempunyai rasa yang kompleks, tekstur, dan masih banyak hal lainnya yang bisa lo ceritakan.

Usahakan kalau lo sudah kesulitan untuk mendefinisikan rasa yang ada di makanan tersebut, usahakan lo mendapatkan rasa yang dominannya, apakah asin, manis, asam, pahit, pedas sampai gurih. Ceritakan sembari membedah bumbu apa saja yang digunakan di makanan tersebut.

cara review makanan yang benar seperti influencer betulan

Tren Review Makanan: Ini 4 Cara Tepat Melakukannya. Tertarik Mencoba? Credit image: foodbusinessnews.net

Tahap ini juga berkesinambungan dengan bagaimana cara lo mengenali jenis rasa dan apa bahan baku yang membuat makanan tersebut begitu rasanya. Dari sini, lo memang perlu memperkaya pengetahuan rasa-rasa bumbu yang ada.

Lo bisa mengenali dengan baik bagaimana rasa kunyit, cengkeh, jahe dan rempah-rempah lainnya. Begitu lo sudah bisa mengenalinya dengan baik, tentu me-review makanan jadi hal yang mudah buat lo bercerita ada bumbu menarik apa dibalik makanan tersebut.

Wah bagaimana nih? Dari penjelasan di atas – apakah lo kepikiran untuk jadi reviewer atau influencer makanan? Kalau iya, asah dulu nih segala indera yang ada di kepala lo!

 

 

 

Feature Image – okezone.com

Comments
DEVI TRI HANDOKO
reviewer atau influencer makanan
Radhitya
nice info bro