Home Trendspotter 6 Spot Keren yang Bisa Lo Kunjungi di Kalimantan Timur

6 Spot Keren yang Bisa Lo Kunjungi di Kalimantan Timur

Thursday, August 29, 2019 - 19:03
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada 26 Agustus 2019 kemarin, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan kalau ibu kota Indonesia bakal pindah dari DKI Jakarta ke daerah Penajam Paser dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Walaupun mungkin proses pemindahan ibu kota masih lama, Provinsi Kalimantan Timur pun langsung menjadi sorotan.

Presiden tentu punya pertimbangannya sendiri kenapa beliau memilih lokasi tersebut, tapi selain itu, Kalimantan ternyata punya segudang spot seru dan keren yang bisa lo kunjungi. Ini dia beberapa yang wajib masuk bucket list lo, Urbaners!

 

Pulau Kumala – Tenggarong, Kutai Kartanegara

Terkenal akan kekayaan sungainya, lo bisa dengan mudah menemukan beragam sungai di Kalimantan. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Sungai Mahakam. Di bagian tengahnya terdapat sebuah taman rekreasi bernama Pulau Kumala. Memiliki luas sekitar 81 hektare, Pulau Kumala menawarkan ragam permainan seru, mulai dari jet coaster, komedi putar, hingga kereta gantung. Lo juga bisa naik ke Sky Tower untuk menikmati pemandangan Kota Tenggarong dari ketinggian.

 

Wisata Bukit Biru – Tenggarong, Kutai Kartanegara

Dibutuhkan sedikit usaha untuk bisa mencapai Wisata Bukit Baru. Untuk bisa mencapai spot keren yang berada di Jalan Pahlawan, Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong ini, lo harus mendaki ke puncak bukit. Namun, rasa lelah lo bakal terbayar begitu disambut dengan pemandangan hamparan sawah yang memanjakan mata. Sebaiknya datanglah saat sore hari agar bisa menikmati sunset yang eksotis.

 

Danau Labuan Cermin – Berau, Kalimantan Timur

Beranjak ke Kabupaten Berau, lo bakal menemukan sebuah danau dengan air yang begitu jernih. Disebut Danau Labuan Cermin karena terdapat lapisan yang bisa membuat sinar matahari memantul. Nggak cuma itu, kalau lo nggak sengaja mengecap air dari permukaan danau, rasanya bakal asin. Tapi air di dasar danau justru terasa tawar. Itulah kenapa beberapa orang juga mengenal danau ini sebagai Danau Dua Rasa.

Gua Haji Mangku – Kepulauan Derawan

Aktivitas snorkeling biasanya dilakukan di laut. Namun, di Kalimantan Timur, lo justru bisa melakukannya di dalam gua bernama Haji Mangku. Spot keren satu ini berada di sebuah tebing yang membentuk gua. Lokasinya di Pulau Maratua, yang masih merupakan bagian dari Kepulauan Derawan. Nah, di dalam gua ini terbentuk perairan bening dengan perpaduan warna biru tua dan toska yang bagus banget. Nggak sedikit pengunjung yang berenang dan bahkan snorkeling di sini.

 

Air Terjun Tembinus – Penajam Paser Utara

Di kawasan yang bakal menjadi ibu kota baru Indonesia ini, terdapat sebuah wisata air terjun dengan pemandangan alam yang cukup keren. Lokasinya berada di dalam kawasan Hak Guna Usaha (HGU) PT ICNI Hutani Manunggal (IHM), yang masih menjadi bagian konservasi hutan. Sebelum mencapai air terjun setinggi kurang lebih 70 meter ini, lo harus lebih dulu berjalan sekitar 1 km. Tenang saja, perjalanan lo bakal terbayar dengan pesona air terjun yang dikelilingi tebing-tebing tinggi memukau.

 

Kuliner Gence Haruan

Puas berkeliling spot-spot keren di Kalimantan, saatnya mengembalikan energi dengan menikmati kuliner khas lokal. Salah satu yang wajib lo coba adalah Gence Haruan, yaitu ikan gabus yang dibakar dan disajikan dengan bumbu istimewa. Agak berbeda dari ikan bakar pada umumnya, Gence Haruan dibakar lengkap dengan sisiknya hingga terlihat kehitaman. Biasanya, Gence Haruan dinikmati dengan nasi hangat dan tumis pakis.

 

Sebagai calon ibu kota baru Indonesia, Kalimantan Timur punya sejuta pesona yang nggak boleh diremehkan. Keenam spot di atas adalah buktinya. Yuk, ramai-ramai liburan ke Kalimantan!

 

 

Sources: food.detik.com, shopback.co.id, travelingyuk.com, indonesiakaya.com