INDOBEATBOX, Komunitas Beatbox Terbesar di Dunia

Thursday, November 1, 2018 - 15:35

Urbaners, beatbox merupakan seni menirukan bunyi alat-alat musik pukul seperti drum atau perkusi. Mungkin lo pernah melihatnya di layar kaca maupun pertunjukan musik lainnya.

Pada 30 Oktober 2008, Billy BdaBX dan Tito Gomez yang merupakan personel Fade to Black memutuskan membentuk komunitas beatbox tersebut. Namanya THE INDONESIAN BEATBOXING COMMUNITY di Jakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan INDOBEATBOX.

Keduanya bertemu setelah Billy mengikuti program talent show di salah satu stasiun televisi swasta. Sebelumnya mereka membuat komunitas Jakarta Beatboxing Community, pada 4 Desember 2007, yang anggotanya kebanyakan dari para fans Fade to Black sendiri.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Saat ini, INDOBEATBOX memiliki manager yang mengurus seluruh anggotanya di Indonesia dan dibantu para koordinator di setiap daerah. Selama terbentuk, komunitas ini memiliki berbagai kegiatan positif. Seperti tampil di acara-acara musik, charity, pensi, dan launching produk. Selain itu, komunitas ini juga rutin melakukan sharing tentang beatbox, review video, dan latihan tentunya.

Siapa pun boleh gabung ke komunitas ini. Enggak ada batasan, syaratnya hanya mencintai musik beatbox. Biasanya INDOBEATBOX berkumpul di Ground Level Parkiran Taman Menteng, Jakarta Pusat, setiap Rabu malam, pukul 19.00 WIB sampai selesai.

INDOBEATBOX, Komunitas Beatbox Terbesar di Dunia

Sebagai induk dari seluruh komunitas beatbox di Indonesia, kini INDOBEATBOX memiliki lebih dari 32 regional yang tersebar di seluruh provinsi. Fakta ini menjadikan INDOBEATBOX sebagai komunitas beatbox terbesar di dunia.

Komunitas beatbox Indonesia ini juga ikut berkiprah di kompetisi internasional. Salah satunya Billy yang pernah mewakili Indonesia di kejuaraan Beatbox Battle World Championship 2012 di Jerman. Kemudian tampil di berbagai kota di Indonesia, Java Jazz Festival 2011, serta kolaborasi dengan para artis Ibu Kota.

INDOBEATBOX, Komunitas Beatbox Terbesar di Dunia

Tidak hanya di dalam negeri saja, komunitas ini pun mampu menembus pasar internasional. Seperti ketika Billy menjadi perwakilan untuk tampil di BLOCK PARTY Esplanade-Singapura, pada Agustus 2010. Kemudian Dicky William yang tampil di Hennessy Artistry, Phnom Penh, Kamboja, pada November 2013.