Komunitas Airwheel, Perkenalkan Transportasi Mini Jarak Dekat yang Super Fun

Thursday, October 18, 2018 - 17:03

Semakin hari, semakin banyak inovasi yang bikin hidup manusia jadi lebih mudah dan efisien. Tak terkecuali untuk urusan transportasi.

Urbaners, mungkin lo pernah sesekali melihat salah satu alat transportasi yang satu ini. Kecil dan simple, namun berguna banget buat mobilisasi orang untuk jarak dekat.

Namanya, Airwheel alias skuter pintar. Airwheel mengombinasikan teknologi aerodinamika, software algoritma, dan sistem giroskop untuk menjaga keseimbangan.

Di beberapa kota maju, Cina misalnya, Airwheel telah menjadi alternatif transportasi dalam kota yang ekonomis dan efisien. Sementara, di Indonesia alat ini memang belum begitu populer. Tapi jangan salah, sudah ada komunitas khusus yang mewadahi para peminat transportasi mini yang canggih ini, yaitu Airwheel Indonesia.

Komunitas Airwheel, Perkenalkan Transportasi Mini Jarak Dekat yang Super Fun

Komunitas yang terbentuk sejak 2014 ini rutin beraktivitas di Taman Kalijodo, Jakarta Barat. Tujuannya memperkenalkan Airwheel sebagai alternatif alat transportasi jarak dekat yang fun sekaligus ramah lingkungan.

Nggak cuma itu, Airwheel juga bisa jadi sarana untuk berolahraga karena untuk mengendarainya dibutuhkan koordinasi otak dan gerakan tubuh yang taktis. Bahkan, Urbaners juga bisa mencoba main basket sambil memakai Airwheel lho!

Tapi, mengendarai Airwheel ini nggak semudah kelihatannya. Dibutuhkan trik seperti keseimbangan pijakan kaki, feeling, dan konsentrasi untuk bisa lancar memakai skuter pintar yang satu ini. Selain itu, setiap jenis Airwheel pun memberikan tantangan yang berbeda-beda sehingga akan lebih baik untuk melatihnya secara bertahap.

Komunitas Airwheel, Perkenalkan Transportasi Mini Jarak Dekat yang Super Fun

Secara umum Airwheel terdiri dari tiga jenis, yakni beroda satu, beroda dua tanpa stang, dan beroda dua dengan stang sebagai pegangan.Waktu latihan yang dibutuhkan untuk tipe yang paling mudah yaitu tipe Q3 kurang lebih 15 menit, meski Urbaners belum tentu akan langsung lancar.

Kalau tipe S3 kurang lebih dibutuhkan 1 jam. Dan yang paling susah adalah tipe X3 yang bisa membutuhkan waktu seminggu untuk latihannya. Nah, berhubung Airwheel ini bukan barang murah, keuntungan menjadi bagian dari komunitas Airwheel Indonesia ini salah satunya adalah bisa meminjam alat yang tersedia untuk berlatih. Kalau beli Airwheel sendiri, siap-siap saja merogoh kocek sekitar Rp 4,5 juta hingga Rp 30 juta, tergantung jenisnya.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Dalam komunitas ini, Urbaners juga bisa bertukar info soal Airwheel dan trik-trik baru. Bahkan bisa mengakses teknisi handal, khusus untuk reparasi Airwheel. So, sudah ready belajar Airwheel?