Longboard Car Free Day Jakarta, Komunitas Longboard di Indonesia yang Punya Segudang Prestasi

Friday, September 7, 2018 - 19:53

Sekilas, Urbaners mungkin akan mengira olahraga yang satu ini enggak ada bedanya sama skateboard. Olahraga bernama longboard memang sama-sama menggunakan papan beroda untuk meluncur seperti skateboard. Tapi pada dasarnya, kedua olahraga ini berbeda.

Coba pelajari dulu nih perbedaannya, siapa tahu Urbaners jadi tertarik untuk mencoba salah satu olahraga ekstrem ini. Pertama, dalam permainan longboard,  papan yang digunakan ukurannya lebih panjang daripada papan skateboard pada umumnya. Ukuran papan berkisar antara 80-150 sentimeter. Ini sangat berpengaruh terhadap keseimbangan badan saat memainkan longboard.

Lalu, bermain longboard biasanya dilakukan pada permukaan yang menurun, sehingga pemain akan merasakan sensasi meluncur. Berbeda dengan skateboard yang lebih banyak dimainkan dengan style dan dilakukan di arena khusus.

Selain itu, gaya-gaya yang bisa dimainkan longboard juga berbeda dengan skateboard. Di antaranya, cruising yaitu gerakan simpel untuk jalan santai. Kemudian, dancing atau freestyle untuk melakukan trik dancing di atas papan yang banyak mengandalkan teknik step dan keseimbangan tubuh.

Longboard Car Free Day Jakarta

Ada juga gaya free ride alias gerakan yang tergolong ekstrem. Gaya ini mengandalkan kecepatan dan trik slide yang terdiri dari beberapa variasi. Gaya ini biasanya harus dilakukan di turunan supaya pemain mendapatkan sensasi speed yang sesuai.

Longboard Car Free Day Jakarta

Terakhir, ada juga gaya downhill, yaitu menuruni track turunan dengan kecepatan tinggi. Gaya ini memerlukan kecepatan, konsentrasi, keseimbangan, dan keahlian leaning saat berada di belokan.

Buat lo yang ingin belajar longboard, nggak ada salahnya buat cari tahu dan gabung ke Komunitas Longboard Car Free Day Jakarta, yang sudah ada sejak 2016. Aktivitas mereka di car free day biasanya dimulai pukul 7 sampai 11 pagi.

Meski event longboard termasuk Jarang di Indonesia, komunitas ini tetap aktif dan punya prestasi yang cukup bagus. Bahkan, mereka pernah naik podium dalam beberapa kategori dan menyabet juara 1 dan 2 di Shred Sunday event. Acara yang dibuat oleh komunitas untuk peserta se-Jabodetabek. Gimana? Urbaners tertarik buat mencoba bermain longboard?

Bagikan
Facebook Twitter Email