Mereka yang Pandai Mengabadikan Momen Kilat di Stage ID

Friday, May 24, 2019 - 17:58

Pernah mendengar Komunitas Stage ID? Perkumupulan fotografer yang dulunya sering ketemu saat liputan, sampai akhirnya menjadi komunitas fotografer panggung pertama di Indonesia.

Pada awal terbentuknya tahun 2011, Stage ID memiliki 20 fotografer lihai yang berpengalaman dalam menggunakan kameranya. Saat ini, Stage ID berkembang, bahkan sampai punya kepengurusan regional dan anggota di berbagai kota besar di Indonesia seperti Bandung, Surabaya, Jogja, Semarang, Palu, Palembang, dan lain-lain.

 

Mereka yang Pintar Mengabadikan Momen

Jangan main-main, fotografi panggung adalah hal yang tidak mudah dilakukan. Fotografer ditantang untuk bisa menangkap momen secepat mungkin agar dapat mengabadikan potret yang keren.

Pasalnya, aktivitas di atas panggung terjadi sangat cepat, seperti gitaris yang melompat, lalu ada hiasan-hiasan kembang api atau fog yang keluar dari bibir panggung, hingga penggemar yang tiba-tiba naik ke panggung untuk memeluk musisi idolanya.

Para fotografer Stage ID pun harus berpacu dengan waktu. Mata mereka harus tertuju fokus pada setiap pergerakkan musisi yang ada di atas panggung. Kalau telat sedikit, momen keren yang disaksikan di atas panggung bisa terlewatkan begitu saja. Bisa-bisa, fotografer-fotografer ini pulang dengan tangan hampa.

Mereka yang Pintar Mengabadikan Momen

Sejauh ini, Stage ID memiliki beberapa kegiatan seru yang diikuti oleh setiap anggotanya, seperti adanya pameran tunggal untuk memperkenalkan apa itu Stage ID di tahun 2011, hingga kopdar rutin sebulan sekali dengan berbagai pembicara yang sharing soal stage photography.

 

Urbaners Bisa Join Stage ID

Menurut pengakuan para anggotanya, sebenarnya setiap fotografer panggung di seluruh Indonesia adalah anggota dari Stage ID. Kalau Urbaners suka foto konser, otomatis kamu sudah menjadi bagian dari Stage ID.

Namun, kalau mau berkenalan langsung sama fotografer-fotografer yang mendirikan Stage ID, Urbaners bisa langsung datang ke acara kopdar dan sharing session yang gratis untuk umum.

Ke depannya, Stage ID ingin terus membuat pameran yang menampilkan hasil karya jepretan para fotografer panggung. Selain itu, mereka mengaku ingin terus mengadakan kopdar dan diskusi dengan para anggotanya, terutama ke kota-kota lainnya selain Jakarta.

Urbaners Bisa Join Stage ID

Urbaners yang kepo dan tertarik untuk menjadi bagian dari Stage ID, bisa langsung intip keseruan kegiatan mereka di akun Instagram @StageID dan tonton obrolan seru tim MLDSPOT dengan Stage ID di channel YouTube MLDSPOT TV!

Bagikan
Facebook Twitter Email