Sofar Sounds, Menikmati Musik Secara Intim dengan Beragam Keunikan

Tuesday, August 20, 2019 - 16:59

Semula, acara musik cenderung lebih terfokus pada format konser atau festival musik yang menampilkan sejumlah musisi dari beragam genre. Namun, konsep yang demikian lama-kelamaan mulai dirasa kurang membawa angin segar. Hingga akhirnya, muncullah alternatif acara musik dengan konsep baru bagi para penikmat musik yang mencari pengalaman berbeda.

Belum lama ini misalnya, ada sebuah acara musik yang menawarkan momen intim antara para musisi dan seniman yang tampil dan penonton yang hadir dengan cara yang unik. Kalau kebanyakan acara musik lo bisa memutuskan ingin nonton penampilan siapa, dari genre apa, di mana, atau bersama siapa dan seramai apa, lain ceritanya di acara musik ini. Hanya di sini lo bisa bebas dan bersantai menikmati musik secara sederhana tanpa adanya sekat-sekat semacam itu.

Acara musik tersebut nggak lain dan nggak bukan adalah Sofar Sounds. Sofar Sounds sebenarnya telah menjelma menjadi sebuah komunitas global di mana para musisi dan seniman serta penonton bisa berkumpul. Dalam satu dekade, Sofar Sounds yang berbasis di London, Inggris telah berkembang hingga ke lebih dari 400 kota di 70 negara di seluruh dunia, termasuk Jakarta.

Sofar Sounds, Menikmati Musik Secara Intim dengan Beragam Keunikan

Sofar Sounds Jakarta mulai aktif pada bulan Oktober 2017. Sosok yang berada di balik kemunculannya adalah Almira Joesoef dan Rasti Sryantoro. Sama seperti Sofar Sounds di kota-kota lainnya, Sofar Sounds Jakarta pun punya pakem tersendiri yang menjadi ciri khasnya.

 

Misterius Namun Nggak Berjarak

Basically, Sofar Sounds benar-benar merahasiakan segala detail terkait acaranya. Biasanya, Sofar Sounds hanya akan memberikan tanggal acara berikutnya beserta kawasan di mana acara tersebut akan diselenggarakan. Setelah itu, lo harus mendaftar terlebih dahulu di website-nya untuk kemudian melalui proses pemilihan penonton secara acak dua minggu sebelum acara berlangsung hingga kuota terpenuhi sesuai kapasitas venue.

Sofar Sounds, Menikmati Musik Secara Intim dengan Beragam Keunikan

Selanjutnya kalau lo terpilih menjadi penonton Sofar Sounds, lo akan mendapatkan email konfirmasi. Sampai kurang lebih di H-1, barulah lo akan mendapat update terkait lokasi persis dari venue-nya. Venue tersebut mungkin akan sangat berbeda dengan apa yang lo bayangkan. Venue yang digunakan bisa berupa ruang tamu di sebuah rumah, basement gedung, atau ruang seni rupa, yang umumnya disediakan secara sukarela oleh pemiliknya yang juga music enthusiast. Walau demikian, justru di venue yang minimalis seperti itulah kedekatan bisa lebih terbangun.

Lantas, apa kabar para pengisi acara? Nah, kalau yang ini lebih misterius lagi, Urbaners. Lo literally baru akan tahu siapa yang tampil saat lo memasuki venue di hari-H, jadi lo harus banget datang dari awal. Tapi, biasanya mereka nggak akan jauh-jauh dari emerging musicians atau talenta-talenta baru potensial yang musiknya belum begitu didengar oleh banyak orang. Set-nya juga lebih ke arah set minimalis atau akustik, kembali lagi demi memberikan kesan intim di antara yang menonton dan yang ditonton.

Sedikit bocoran, sejauh ini nama-nama yang sudah pernah tampil di Sofar Sounds antara lain Pamungkas, Vira Talisa, Matter Halo, Monita Tahalea, Glaskaca, Pandai Besi, NonaRia, Bonita, dan Petra Sihombing. Mereka pun hanya sebagian kecil dari komunitas musisi dan seniman Sofar Sounds.

Well, secara garis besar Sofar Sounds memang ditujukan bagi lo yang ingin sepenuhnya menikmati live music tanpa adanya jarak maupun gangguan. Kesan yang didapat akan lebih personal karena memang jarak lo sedekat itu dengan para penampil. Lo nggak akan mengalami yang namanya terhalang penonton lain yang berisik atau berkerumun di barisan depan panggung. Terlebih lagi, lo nggak perlu khawatir harus menyaksikan atau (sedihnya) tersikut tangan-tangan yang sibuk mengangkat HP untuk mengabadikan momen. Less distraction, more attraction.

Sofar Sounds, Menikmati Musik Secara Intim dengan Beragam Keunikan

Seakan masih belum cukup, Sofar Sounds juga masih memberikan keistimewaan lain bagi para pengisi acara. Di setiap acara, Sofar Sounds akan membuat dokumentasi penampilan para musisi dan seniman dengan kualitas yang oke punya. Mereka yang pernah terlibat bahkan akan otomatis menjadi bagian dari Sofar Alumni Program. So, mereka berkesempatan untuk tampil di berbagai acara, kota, dan negara lain dalam jaringan Sofar Sounds. It sounds really cool, isn’t it?

 

Finally, sambil menunggu Sofar Sounds Jakarta berikutnya, mending lo tonton dulu nih video selengkapnya seputar Sofar Sounds di MLDSPOT TV Season 4 episode 6 dengan tema “A Different Music Experience”. Jangan lupa subscribe YouTube Channel MLDSPOT TV, and get yourself inspired!

Bagikan
Facebook Twitter Email