Uwais Team, Koreografer Action Indonesia yang Udah Go-Internasional

Thursday, April 4, 2019 - 17:21

Uwais Team adalah sebuah kelompok koreografer seni bela diri dan stunt team yang dibentuk oleh aktor Iko Uwais. Uwais Team terdiri dari 20 orang ahli bela diri dan stuntman dari berbagai disiplin ilmu bela diri yang berbeda-beda, seperti Pencak Silat, Wushu, Taekwondo, Boxing, Kung Fu, dan lainnya.

Para anggota Uwais Team telah bekerja sama dengan Iko Uwais sejak film Merantau. Meskipun begitu, tim tersebut baru terbentuk sejak syuting film “Beyond Skyline” di tahun 2014 dan diresmikan saat film “Headshot” di tahun 2015. Tidak hanya membuat koreografi laga dan menjadi stunt double dalam produksi film, Uwais Team juga bertugas untuk melatih para fighter hingga aktor dan aktris yang terlibat dalam setiap adegan laga.

Uwais Team telah terlibat dalam produksi film laga seperti Headshot (2015), Foxtrot Six (2019), film Netflix The Night Comes For Us (2018), hingga menjadi tim koreografer asal Indonesia pertama yang dipercaya untuk menangani film Internasional seperti “Mile 22" (2018), "Wu Assassins" (2019), "Stuber" (2019) dan lainnya.

Selain dipercaya untuk membuat koreografi adegan laga dalam film “Mile 22” yang disutradarai oleh Peter Berg, salah satu anggota Uwais Team, Rama Ramadhan, juga ikut berakting dalam film tersebut. Anggota Uwais Team yang juga mantan atlet pencak silat Fariz Alfaresi juga dipercaya untuk berperan sebagai Bujang Gila Tapak Sakti, rekan sekaligus sahabat dari Wiro Sableng dalam film “Wiro Sableng 212” (2018).

Dalam menyusun koreografi setiap film, Uwais Team harus menyesuaikan dengan kebutuhan scene. Setiap aktor juga memiliki gaya bertarung yang berbeda. Gerakan harus disesuaikan dengan masing-masing serangan, tangkisan, pukulannya yang akan dibedakan dalam koreo di masing-masing fighter sehingga hasilnya tidak monoton.

Walaupun Uwais Team terbentuk dari lingkup pertemanan, tapi mereka tidak menutup orang baru untuk bergabung dengan Uwais Team. Uwais Team kini membuka kelas khusus stunt di dojo mereka yaitu di THUNDER11 Centre of Martial Arts, Bekasi.

Bagikan
Facebook Twitter Email