Azriansyah Ithakari, Sang Petani di Tengah Kota

Wednesday, February 28, 2018 - 14:43

Urbaners, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap asri. Salah satunya, lo bisa bercocok tanam. Tapi buat lo yang tinggal di kota-kota besar, minimnya lahan kadang menjadi kendala untuk bisa bercocok tanam.

Buat lo yang hobi bercocok tanam, mungkin lo bisa belajar banyak dari sosok yang satu ini. Namanya, Azriansyah Ithakari. Azri mengembangkan konsep bertani di tengah kota atau biasa disebut dengan urban farming. Azri mengembangkan konsep urban farming melalui perusahaan rintisannya yaitu TAN-EUH. Melalui startup ini, Azri berbagi pengetahuan kepada siapapun untuk bercocok tanam dalam skala kecil dan menciptakan bahan pangan sendiri.

TAN-EUH sendiri diambil dari bahasa sunda yang berarti tanah, produk ini menyatukan seni arsitektur dengan seni bertani microgreens (sayuran yang dipanen saat usia muda dengan nutrisi yang masih terkonsentrasi) yang disediakan bagi masyarakat kota untuk bisa bercocok tanam dengan baik dan benar dalam skala mikro.

Azri sebetulnya adalah seorang arsitek. Namun, ia memiliki latar belakang keluarga yang menjadi pemerhati pertanian. Sejak kecil Azri sudah familiar dengan dunia agrikultur karena ayahnya merupakan seorang professor di IPB.

Awal mula Azri menjalankan TAN-EUH dimulai ketika ia tinggal di Bali, ia melihat masyarakat di sana banyak yang  mendirikan komunitas dan usaha namun tidak meninggalkan value lingkungan. Akhirnya ia terpikir bagaimana ia bisa menciptakan produk yang ramah lingkungan dan memiliki value untuk lingkungan itu sendiri.

Tidak mudah memang bagi Azri dalam mengembangkan produk TAN-EUH ini, berbagai macam kendala seperti suhu, cuaca, cahaya dan sebagainya menjadi kendala yang kerap ditemui dan membuat banyak perencanaan yang tidak terlaksana. Namun berkat kegigihan dan keinginannya untuk menciptakan produk yang memiliki value untuk lingkungan, kendala itu bisa teratasi.

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya anak muda yang menyadari pentingnya untuk hidup sehat membuat Azri sangat antusias untuk membuat program dan memberikan edukasi melalui workshop kepada mereka yang tinggal di kota untuk berkebun walaupun dengan lahan yang terbatas.

Satu cita-cita Azri, ia ingin membawa masyarakat agar familiar dengan produk media tanam dan lebih concern terhadap makanan sehat. Saat ini, Azri sendiri tengah disibukkan dengan proyek barunya yaitu Salt Farmers Initiative Project.