Cara Chris Lie Menggabungkan Idealisme Komikus Dengan Industri Kreatif

Wednesday, November 16, 2016 - 18:50

Chris Lie merupakan komikus asal Indonesia yang telah sukses dengan karya-karya nya di industri kreatif ini memang tidak bisa dianggap enteng, Urbaners.  Bersama Caravan Studio Chris Lie berkembang dan memajukan industri komik di Indonesia. Meskipun bisa dibilang ini telah diluar ekspektasi awal Chris Lie, tetapi ia tidak pernah berhenti sampai disitu. Chris Lie bersama Caravan maju bersama seperti yang ia idamkan selama ini.

Membuat suatu usaha seperti Chris Lie ini tidak mudah, Urbaners. Bukan hanya skill yang dibutuhkan, tetapi juga kesiapan mental dan bagaimana menghadapi pasar yang terkadang bertolak belakang dengan idealisme seorang komikus. Di Caravan Studio, Chris Lie tidak hanya mengajarkan dari segi tehnik bagaimana membuat komik yang berkualitas, tetapi juga segi mental. Karena Chris Lie selalu menekankan bahwa karya apapun yang dibuat oleh Caravan Studio harus lah berkualitas, meskipun dengan konsep yang sederhana.

Chris Lie selalu menerapkan hal tersebut dengan cara pendekatan secara pribadi oleh para artist yang ada di Caravan Studio. Se-simple sharing atau ngobrol informal dan bertukar pikiran, sehingga para komikus juga bisa mengembangkan ide mereka dengan baik. Saling menyemangati satu sama lain dan juga mengajarkan kerja secara profesional dan terus berproduksi.

Menurut Chris Lie, membuat komik harus sesuai dengan tujuan dan fungsinya, tetapi harus memiliki standarisasi kualitas yang sama. Terkadang idealisme seorang komikus bertentangan dengan pasar atau keinginan klien, ini lah yang menjadi PR Chris Lie bagaimana memilah-milah tergantung tujuan pembuatan komik itu sendiri. Bagaimana saat idealisme disatukan dengan industri.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Uniknya, Chris Lie membuat regulasi Caravan Studio adalah per-team, semua dibagi menjadi beberapa tim, dan setiap tim memiliki ketua yang sudah cukup profesional, agar dapat memberikan arahan oleh para anggota tim lainnya.  Karena menurut Chris Lie, sebelum betul-betul involve ke suatu project, komikus pemula harus latihan untuk mengasah kemampuannya at least selama satu tahun, sampai akhirnya dapat memegang project nya sendiri. Nggak heran deh, kenapa hasil karya dari Caravan Studio ini selalu keren dan totalitas, karena memang di "godok" secara maksimal.

Ini hanyalah salah satu kisah inspirasional dari banyak anak-anak muda di Indonesia. Lo punya sumber inspirasi sendiri nggak Urbaners? Kalau iya, langsung aja submit di MLD Content Hunt dan dapatkan jam tangan Matoa setiap minggunya!