Gerald Situmorang, Gitaris Muda dengan Segudang Talenta

Friday, November 23, 2018 - 18:31

Urbaners, siapa musisi favorit lo? Nah, kalau sama musisi yang satu ini kira-kira lo kenal nggak? Siapa lagi kalau bukan Gerald Situmorang, sang gitaris yang skill-nya tak perlu diragukan lagi.

Gerald sampai sekarang masih aktif di Barasuara sebagai pemain bass. Pria kelahiran Jakarta, 31 Mei 1989 ini mengawali karir di dunia musik dengan membuat duo akustik bernama Sketsa. Setelah itu, Gerald membuat trio Jazz dengan nama Gerald Situmorang Trio dan grup Hemiola Quartet.

Gerald mulai mengenal musik, khususnya gitar di usia 13 tahun. Saat itu, ia bergabung dalam sebuah band. Gerald mulai serius bermusik ketika membentuk Sketsa di tahun 2006. Itulah momen di mana Gerald mulai profesional karena sudah dibayar. Awalnya, Sketsa hanya tampil di acara-acara Pensi hingga akhirnya beranjak ke event besar seperti Java Jazz.

Gerald Situmorang, Gitaris Muda dengan Segudang Talenta

Sama seperti  lo juga, Urbaners, Gerald punya musisi idola. Ketika kecil, ia mengidolakan Laruku, Linkin Park, dan System of a Down. Tapi saat Gerald sudah fokus bermain gitar, ia mengidolakan Dewa Budjana, Balawan, dan Tohpati. Dari para musisi itulah, wawasan Gerald akan dunia musik semakin terbuka lebar.

Selain bergabung dengan Barasuara, Gerald Situmorang juga mengerjakan proyek solo instrumental. Di proyek ini, Gerald sudah membuat album berjudul ‘Solitude’ pada 2017 dan ‘Dimension’ di tahun 2018. Selain proyek solo, Gerald juga sempat bekerja dengan sejumlah musisi. Antara lain Monita Tahalea, Kunto Aji, Raisa, dan Efek Rumah Kaca.

Gerald Situmorang, Gitaris Muda dengan Segudang Talenta

Sebagai musisi, Gerald sempat meraih beberapa penghargaan. Di antaranya AMI Awards 2018 untuk kategori Karya Produksi Instrumentalia Terbaik. Dalam kategori ini Gerald Situmorang mengalahkan beberapa nominator, yaitu Indra Lesmana, Twilite Orchestra, Krakatau Reunion, Lantun Orchestra, dan Demas Narawangsa. Sementara penghargaan lain diperoleh Gerald dari Indonesian Choice Awards 2018 dalam kategori “Instrumental Album of the Year” untuk albumnya yang berjudul ‘Dimension’.

Di luar pencapaian itu, Gerald masih akan terus berkarya di industri musik. Untuk proyek solo, ia berencana akan menelurkan album lagi. Sedangkan bersama Barasuara, Gerald juga akan memproduksi album kedua.

Bagikan
Facebook Twitter Email