Mimpi Kecil Setya Yudha Mensejahterakan Warkop-warkop di Indonesia.

Friday, November 3, 2017 - 13:56

Kopi kini sudah menjadi bagian dari lifestyle masyarakat Indonesia. Di media sosial saja, setiap pagi pasti ada yang update "morning coffee" versi mereka. Berbagai brand kopi bermunculan sejalan dengan permintaan pasar.

Tetapi yang dilakukan Setya Yudha Indraswara ini berbeda, Urbaners. Masih seputar tentang kopi, pria yang akrab dipanggil Ulil yang merupakan founder dari Jaringan Warkop Nusantara (JWN) lebih memilih mendistribusikan atau membantu para warkop dan kedai kopi kecil untuk mendapatkan kopi asli Indonesia yang berkualitas. Berawal dari social project iseng sekarang berubah menjadi socialpreneur yang tidak hanya menghidupi keluarga, tapi mensejahterakan lingkungan sekitarnya. Nggak heran ia menjadi salah satu pemenang MLDSPOT Content Hunt kemarin dalam kategori Inspiring people.

 

Awal Mula Jaringan Warkop Nusantara berdiri

Kegemaran Ulil akan kopi sejak kecil, membuatnya harus mengkosumsi kafein tersebut setiap hari, berangkat dari kampung hijrah ke Jakarta, melihat kopi di coffeeshop atau kedai cukup mahal untuknya pada saat itu, ia beralih ke warung kopi (warkop) tetapi disana hanya ada kopi sachet (tidak murni). Akhirnya, Ulil inisiatif untuk membawa bubuk kopinya sendiri ke warkop, meskipun tetap membayar kopi dengan harga normal.

Ulil pun melakukan riset, kenapa warkop-warkop di Jakarta tidak menyediakan kopi bubuk, ternyata kesulitannya di akses untuk mendapatkan kopi tersebut, serta harganya yang tidak 'masuk' jika dijual di warkop. Dua hal tersebutlah yang mendasari berdirinya Jaringan Warkop Nusantara, berangkat dari social project pribadi, mimpi kecil bagaimana setiap warkop menyediakan kopi 'bener' dengan harga yang affordable.

Nah turunan dari situ malah dapat dijadikan bisnis kecil-kecilan mulai dari supplier kopi ke teman-temannya dan kedai kopi, ataupun menjadi konsultan orang-orang yang ingin set up kedai kopi.  Yang tadinya ini hanya project sosial kecil miliknya, sekarang menjadi main project yang tentunya menyalurkan hobi Ulil akan kopi.

 

Tentang Jaringan Warkop Nusantara (JWN)

Mungkin lo masih bingung, sebenarnya apa sih yang Jaringan Warkop Nusantara (JWN) ini lakukan, selain menjadi supply kopi-kopi nusantara ke ratusan warkop di Indonesia, Ulil juga membuka workshop 24/7 dirumahnya bagi siapa aja yang ingin mempelajari basic tentang kopi, mulai dari pengenalan jenis kopi itu sendiri, roasting, brewing, cupping dan masih banyak lagi. Ia melihat karena cukup banyak anak muda di lingkungan sekitar rumahnya yang tidak memiliki pekerjaan ataupun putus sekolah, karena dari itulah Ulil mengajak mereka untuk belajar tentang kopi agar dapat membuka usahanya sendiri, atau at least menjadi barista.

Saat ini Ulil dan partnernya juga membuka warkop binaan JWN yakni Kedai Adu Manies yang terletak di daerah Pondok Indah, Jakarta. Ada juga Warung Warga yang menjadi pilot project impiannya yakni  "1000 desa 1000 warkop", nantinya Warung Warga ini akan dikelola dan dikembangkan oleh warga sendiri, jadi dari warga untuk warga. 

Bagikan
Facebook Twitter Email

JWN memiliki makna sendiri bagi Setya Yudha

Jaringan Warkop Nusantara ini memiliki makna tersendiri, kopi berhasil membuka mata Ulil bagaimana indah dan kayanya negeri ini, hanya dari segi kopi saja, Indonesia memiliki keanekaragaman luar biasa yang membuatnya amazed sampai sekarang. Dan Ulil menyadari semakin banyak belajar tentang kopi, ia mengakui semakin tidak tahu apa-apa, dan menyadarkan bahwa, manusia bukan siapa-siapa sehingga harus selalu bersyurkur dan jangan pernah sombong.

 

Alasan Ulil submit di MLDSPOT Content Hunt

Menjadi salah satu pemenang MLDSPOT Content Hunt merupakan achievement tersendiri bagi Ulil, karena apa yang dilakukannya selama ini tidak sia-sia dan orang lain menyadari hal itu. Ulil sempat bercerita, sebenarnya submit di MLDSPOT Content Hunt ini cuma iseng saja, saat submit ia mengalami kesulitan, karena statusnya selalu gagal. Beberapa kali mencoba, tetap gagal. Tapi ternyata, dari sekian kali ia mencoba, ada yang berhasil masuk. Ia juga tidak menyangka bahwa pemenang MLDSPOT Content Hunt ini akan diberikan hadiah trip ke Pulau Komodo, karena alasan ia submit hanya ingin memberi tahu orang-orang tentang hal kecil yang berdampak positif bagi banyak orang, dan bisa menginspirasi orang lain melakukan hal serupa bahkan lebih baik.