The Mo Brothers, Membuat Film Action Thriller Indonesia "Dipandang" Dunia

Thursday, April 4, 2019 - 17:13

MLDSPOT TV – Inspiring People

Indonesia punya sineas-sineas berbakat yang mampu menghasilkan film bergenre Action dan Thriller yang keren banget. Nggak hanya memacu adrenalin, film-film ini bisa bikin kita seolah-olah ada di dalamnya.

The Mo Brothers adalah duo sutradara Indonesia yang terdiri dari Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel. Pasti Urbaners udah gak asing lagi dengan karya mereka seperti Rumah Dara (2010), Headshot (2016), The Night Comes For Us (2018), DreadOut (2019), dan masih banyak lagi yang telah mendapatkan banyak pujian dan juga perhargaan di dalam maupun luar negeri.

Mereka bertemu di Sydney, Australia, pada tahun 2002, ketika tengah menyelesaikan studi di Fakultas Seni Visual. Setelah lulus, Kimo kembali ke Jakarta dan kemudian merintis rumah produksi Merah Production, sementara Timo meneruskan pendidikannya di Akademi Film New York.

Debut film Mo Brothers sebagai duet sutradara adalah sebuah segmen berjudul “Dara” dalam film antologi horor Takut: Faces of Fear (2008). Segmen ini kemudian dikembangkan oleh mereka menjadi sebuah film yang berjudul “Rumah Dara” pada tahun 2010 dan menuai sukses di berbagai festival film internasional seperti dari LA Screamfest Horror Film Festival tahun 2007 dan Jakarta International Film Festival tahun 2010. Sukses dengan “Rumah Dara”, mereka kembali menggarap “Killers” yang rilis tahun 2013. “Killers” adalah sebuah film thriller kolaborasi Indonesia dengan Jepang yang diperankan oleh Kazuki Kitamura dan Oka Antara. https://drive.google.com/file/d/18rTH7SX2i51ZWpiYRQydIoFos9hq7pqL/view?u...

Setelah bermain-main di genre horor dan thriller, The Mo Brothers mencoba sesuatu yang baru dengan menggarap film aksi beladiri berjudul “Headshot” yang dirilis pertama kali dalam ajang Toronto International Film Festival 2016. Beruntungnya pada ajang ini lah Timo kemudian bertemu dengan pihak Netflix dan kembali mengajukan konsep “The Night Comes For Us” yang sempat produksinya.

 

Tak disangka, film "The Night Comes For Us" yang dirilis pada September 2018 lalu, menjadi film pertama original Indonesia yang ada di Netflix. Film ini merupakan project kedua Timo mendirect seorang diri dan Kimo membantu di balik layar sebagai produser. Film ini pun mendapatkan banyak pujian dari berbagai kalangan. Bahkan, terkesimanya dengan film "The Night Comes for Us", Robert

Liefeld, pembuat karakter Deadpool, merekomendasikan Timo untuk menggarap Deadpool 3 melalui akun Twitter pribadinya.

Tidak hanya Timo, project solo Kimo yaitu film “DreadOut” yang diadaptasi dari video game dengan judul yang sama, juga mendapatkan banyak pujian. Walaupun penggarapan naskah film DreadOut ini terbilang cukup lama, yakni empat tahun, namun film DreadOut berhasil meraih 800,000 penonton hanya dalam kurun waktu dua minggu rilis.

Sendiri ataupun berdua, Timo dan Kimo telah membuktikan kalau film Indonesia dan orang-orang dibalik layar film Action dan Thriller Indonesia itu nggak kalah kualitasnya dengan film luar negeri.

Bagikan
Facebook Twitter Email