Nurfadli Mursyid, Komikus di Balik Humor Receh Tahilalats

Friday, September 21, 2018 - 16:46

Urbaners, kalau lo suka baca comic strip, pasti    nggak aneh lagi donk dengan sosok yang satu ini. Namanya Nurfadli Mursyid, yang terkenal berkat karyanya yang berjudul ‘Tahilalats’.

Dengan humor recehnya, ‘Tahilalats’ berhasil menjadi salah satu comic strip populer di Indonesia. Di Instagram, akun @tahilalats kini memiliki sekitar 2,9 juta followers dan 3 juta lebih pembaca di webtoon.

Nurfadli Mursyid, Komikus di Balik Humor Receh Tahilalats

Nurfadli, komikus keturunan Bugis ini merupakan lulusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Makassar. Sejak kecil, Nurfadli memang tertarik dengan dunia gambar dan comic strip dari surat kabar yang sering dibawakan oleh ibunya. Awal membuat ‘Tahilalats’ pun, Nurfadli tak sengaja. Ia dulu hanya ingin membuat karya untuk menghibur teman-temannya.

Pada 2015, Nurfadli memutuskan pindah dari Parepare ke Jakarta. Ia ingin lebih fokus mengembangkan komik. Sejak itu, Nurfadli juga mulai konsisten mengunggah komik-komik karyanya setiap hari ke akun @tahilalats.

Nurfadli Mursyid, Komikus di Balik Humor Receh Tahilalats

Tahilalats merupakan comic strip yang terdiri dari empat panel berkelanjutan dan membentuk sebuah cerita. Komik ‘Tahilalats’ banyak disukai pembaca karena ceritanya yang ringan dan dekat dengan keseharian masyarakat.

Selain melalui media sosial dan webtoon, Nurfadli juga merilis buku komik. Buku ini 20% berisi kumpulan cerita ‘Tahilalats’ dan 80% berisi cerita yang belum pernah di-posting di media sosial.

Nurfadli Mursyid, Komikus di Balik Humor Receh Tahilalats

Oh iya Urbaners, ada ciri khas khusus dari karya seorang Nurfadli. Sebagian besar komik karyanya memiliki pewarnaan yang tidak terlalu mencolok, gambar yang sederhana, dan cerita yang terkadang sulit dimengerti oleh pembaca.

Bagikan
Facebook Twitter Email