Oomleo Berkaraoke, Hidupkan 'Jiwa Penyanyi' Lo Lewat Karaoke Berjamaah

Tuesday, August 20, 2019 - 16:49

Saat membayangkan karaoke, apa yang pertama kali muncul di benak lo, Urbaners? Dulu, karaoke identik dengan kegiatan menyewa sebuah ruangan bersama teman-teman untuk bernyanyi, berteriak, berjoget, atau beraksi seheboh-hebohnya sambil mengikuti deretan lirik di layar televisi selama dua hingga empat jam. Kini, kegiatan tersebut justru bisa dilakukan di bar, klub atau berbagai tempat lainnya secara berkala, asalkan ada pemandu karaoke dan playlist yang mampu menggerakkan massa.

Yes, tren karaoke dalam beberapa tahun terakhir memang tengah digandrungi dengan cara yang unik. Karaoke yang ada sekarang umumnya dilakukan secara berjamaah, di mana sejumlah orang dengan kesamaan selera musik datang ke suatu tempat untuk bersama-sama meneriakkan isi hati lewat nyanyian. Kegiatan semacam in pun dapat menjadi alternatif buat lo yang ingin mencoba alternatif acara musik yang lain dari yang lain.

Nggak, kembali ke pembahasan mengenai pemandu karaoke, ada satu sosok yang bisa dibilang termasuk dalam golongan pelopor karaoke massal. Dia adalah Oomleo, seniman visual yang juga personel trio Goodnight Electric. Belakangan ini dirinya semakin dikenal sebagai pemandu karaoke kelas pertama di kancah musik independen Tanggak Air.

Oomleo Berkaraoke, Hidupkan 'Jiwa Penyanyi' Lo Lewat Karaoke Berjamaah

Di setiap penampilannya, Oomleo akan menyajikan beragam playlist ciamik hasil kurasinya dengan tampilan video lirik yang mampu memancing audiens untuk ikut berdendang. Beberapa mikrofon bahkan disediakan untuk membantu menyalurkan ‘jiwa penyanyi’ para penonton, walaupun akhirnya gemuruh suara mereka akan terdengar lebih lantang.

Yang lebih asyiknya lagi, ada kalanya penonton bisa melakukan request lagu untuk diputar dan dinyanyikan bersama. So, suasana karaoke menjadi lebih aktif dan dinamis karena penonton bisa benar-benar merasa jadi bagian dari Oomleo Berkaraoke. Oomleo sendiri mengamininya dengan catatan, “Terlepas dari permintaan lagu penonton, playlist gue juga harus bisa trigger orang buat sing-along.”

 

Karaoke Lintas Venue, Lintas Penonton

FYI, Oomleo sebenarnya sudah mulai menjalani dunia perkaraokean di tahun 2003. Saat itu, pemilik nama asli Narpati Awangga ini sempat membuat program karaoke MIDI. Berlanjut setahun kemudian, barulah dia pertama kali menjajal kebolehan di depan umum dengan tampil di Parc 19. Hingga akhirnya di tahun 2010-2011, Oomleo Karaoke pun semakin berkembang seiring dengan kemunculan beragam software baru yang melampaui teknologi MIDI dan membuatnya semakin terfasilitasi.

Sejauh ini, aksi Oomleo Berkaraoke nggak hanya bisa dinikmati di gigs atau festival besar saja. Di luar dugaan, keseruannya bisa ditemukan pula di acara-acara outing instansi, pernikahan, hingga sunatan. Awesome, right?

Menurut Oomleo, langkah untuk tampil di beragam jenis acara sengaja dilakukan karena dirinya ingin menembus sekat-sekat budaya dengan menggunakan medium karaoke. Di sisi lain, ia turut menyoroti bahwa perkembangan fenomena karaoke secara umum antara lain bisa dilihat di klub. “Orang datang ke klub sekarang udah nggak joget-joget, tapi mau sing-along,” ungkapnya.

Namun demikian, Oomleo Berkaraoke sejatinya bukan one-man show yang terdiri dari Oomleo saja. Saking banyaknya permintaan manggung dengan mobilitas yang tinggi, Oomleo akhirnya membentuk empat tim berkaraoke. Di bulan April yang lalu saja misalnya, dia mendapat tawaran karaoke di 60 titik berbeda dan tentunya melibatkan semua timnya.

Oomleo Berkaraoke, Hidupkan 'Jiwa Penyanyi' Lo Lewat Karaoke Berjamaah

Satu hal lainnya yang juga nggak lepas dari penampilan Oomleo Berkaraoke adalah kolaborasi bersama artis dan musisi lainnya. Yang akan datang dan cukup menggemparkan, dia akan meramaikan Synchronize Festival pada bulan Oktober mendatang bersama Radja, Setia Band, Wali, dan Babang Andika eks-Kangen Band. Yup, nama-nama tersebut merupakan pentolan musik Melayu Indonesia pada masanya. Sungguh kolaborasi yang nggak disangka-sangka.

Itu dia sepenggal kisah mengenai Oomleo Berkaraoke. Untuk lebih jelasnya, lo bisa cek langsung MLDSPOT TV Season 4 episode 6 dengan tema “A Different Music Experience” di YouTube Channel MLDSPOT TV. Subscribe our YouTube and get yourself inspired!

Bagikan
Facebook Twitter Email