Peran Chris Lie Untuk Para Komikus Indonesia

Wednesday, November 16, 2016 - 18:42

Buat lo para pecinta komik atau animasi, pastinya sudah tidak asing dengan Chris Lie komikus kawakan yang menaungi Caravan Studio. Ia telah mengerjakan berbagai macam project komik nasional maupun internasional seperti ilustrasi untuk Star Wars, komik untuk Marvel Ultimate Spiderman, Avangers, desain untuk Transformer, G.I. Joe, ataupun ilustrasi games untuk Lord Of The Rings, Game Of Thrones, dan masih banyak lainnya. Karya-karya Chris Lie yang sudah diakui dunia bukanlah tanpa usaha, Urbaners. Banyak yang harus dilalui Chris Lie untuk menjadi seperti sekarang.

Cita-citanya menjadi komikus sudah tertanam sejak lama, tetapi karena satu dan lain hal akhirnya Chris Lie memilih untuk mengambil jurusan arsitek saat kuliah. Setelah lulus, Chris Lie beberapa tahun menjalankan profesinya sebagai arsitek tetapi tidak melupakan apa yang menjadi passion nya. Pada siang hari Chris Lie menjadi arsitek, dan malam hari nya Chris Lie dan beberapa teman lainnya membuat komik sendiri dan publish secara mandiri pula.

Kurang lebih selama 2 tahun Chris Lie menjalankan profesi ganda tersebut, tetapi karena keinginan yang kuat, usaha tersebut tidak sia-sia, hingga pada akhirnya Chris Lie memutuskan untuk fokus membuat komik. Memang benar, jika menjalankan apa yang kita yakinkan, akan membuahkan hasil, Chris Lie pun mendapat beasiswa penuh untuk belajar di Amerika Serikat dan mewujudkan cita-citanya untuk menjadi komikus.

Setelah itu, meskipun kesempatan Chris Lie terbuka lebar untuk sukses di luar negeri, tetapi Chris Lie lebih memilih kembali ke Indonesia untuk mengembangkan SDM komikus yang ada di Indonesia. Karena menurut Chris Lie, komikus-komikus Indonesia memiliki potensi yang bagus, tetapi perlu asahan, dan juga perlu wadah untuk menyalurkan itu semua, mulai dari pembelajaran, mentor yang profesional, ataupun lahan pekerjaan itu sendiri. Chris Lie ingin komikus Indonesia dapat bersama-sama maju dan mengerjakan project-project internasional.

and, Voila! Chris Lie pun mewujudkannya dengan Caravan Studio, ia mengembangkan profesi komikus menjadi lebih sejahtera. Kalau dulu masih ada anggapan miring bahwa menjadi seorang komikus tidak ada hasilnya, sekarang tidak lagi, Urbaners.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Bahkan Chris Lie membuka usaha nya yang lain masih seputar komik, yakni Re-On yang merupakan perusahaan penerbitan komik untuk komikus-komikus Indonesia. Sehingga komikus di seluruh Indonesia bisa berkembang meskipun bukan dari naungan Caravan Studio. Chris Lie tidak hanya membuat sukses diri nya sendiri, tetapi juga komikus-komikus lain di Indonesia.

Ini hanyalah salah satu kisah inspirasional dari banyak anak-anak muda di Indonesia. Lo punya sumber inspirasi sendiri nggak Urbaners? Kalau iya, langsung aja submit di MLD Content Hunt dan dapatkan jam tangan Matoa setiap minggunya!