Transformasi Lukisan Naufal Abshar yang Diburu Kolektor Mancanegara

Thursday, July 20, 2017 - 17:52

Kalau melihat karya-karya Naufal Abshar, pasti yang ada dibenak lo adalah "playful", karena memang karyanya penuh warna dan selalu ada kata "HAHA", Naufal abshar memang sedang fokus untuk tema HAHA Series-nya. Ternyata tema ini memiliki arti yang lebih dalam lho, Urbaners.

 

From basic to magic

Karya Naufal Abshar membahas suatu yang basic, terinspirasi dari laughter "sebuah tawaan" menjadikan karyanya sangat menarik untuk ditelusuri. Tertawa pada dasarnya adalah suatu ekspresi lucu ataupun bahagia, tetapi sekarang, sebuah "HAHA" memiliki arti yang luas. Seperti menertawakan diri sendiri, sebuah ejekan ataupun sindiran secara halus. Somehow kita tidak menyadari arti dari sebuah tawa tersebut, karena sudah menikmati ekspresi yang menyenangkan tersebut. Jadi kata "HAHA" tersebut bisa saja mengandung arti yang negatif, hanya saja tidak slap in the face. Ini yang membuat Naufal Abshar sangat tertarik dengan ekspresi berbagai arti tersebut. Baginya karya adalah sebuah kaca, yakni media untuk mengungkapkan sesuatu "what i see, what i feel, is all about my work", ujarnya.

 

Lukisan atraktif ciptaan Naufal Abshar

Memulai project "HAHA" Series-nya pada tahun 2014, Naufal Abshar tidak berhenti sampai situ saja, ia melakukan inovasi lainnya yang tidak kalah menarik. Sebelumnya Naufal Abshar pun sudah melakukan observasi dan melihat fakta bahwa bentuk lukisan mostly persegi ataupun persegi panjang, Naufal Abshar pun kepikiran untuk memberikan sentuhan baru agar berbeda. Kali ini, terinspirasi dari mainan lego dan puzzle, membuat lukisan yang bisa dimainkan ataupun disusun sehingga menambah nilai interactive untuk lukisannya itu sendiri. Puzzle Painting miliki Naufal Abshar ini sangat menarik karena memberikan kebebasan orang lain untuk create their own art.

Inovasi barunya ini mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari para kolektor. Saat Naufal Abshar mengadakan launching di Singapore, mereka sangat impressive and happy. Pasalnya ini adalah kali pertama sebuah lukisan dapat bertransformasi menjadi lebih menarik. Jadi tidak hanya menikmati hasil lukisan Naufal Abshar saja, tapi juga kreasi puzzle mereka sendiri.

Tidak hanya itu, next-nya Naufal Abshar juga akan menggarap konsep sculpture painting, yakni membuat patung dari kanvas. Ia akan membuat lukisan 2 sisi, didepan dan belakang, jadi bisa dinikmati dari sisi manapun. Nantinya, lukisan ini pun nggak cuma bisa diletakkan di dinding tetapi juga berdiri seperti patung.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Kontribusi Sosial melalui seni lukis

Naufal Abshar juga aktif di dunia sosial, hal ini memang salah satu cita-citanya, yakni melakukan kegiatan sosial melalui karya agar dapat membantu orang lain dalam bidang apapun. Kebetulan salah satu rekan Naufal Abshar memiliki foundation untuk tunanetra. Nah, jadilah mereka mengadakan acara menggambar untuk para tunanetra. Kalau biasanya menggambar suatu objek itu berpatokan dengan penglihatan, kalau ini melalui rasa. Saat berlangsungnya acara, Naufal Abshar sengaja memutar musik jazz yang berguna untuk psychology drawing para tunanetra sebagai art-therapy. Sehingga mereka menggambar sesuai dengan apa yang dirasakan menggunakan mata hatinya. Seru banget ya, Urbaners!

 

Seniman= Social Media

Kini lukisan tidak melulu memiliki arti yang berat ataupun kesulitan yang cukup kompleks. Menurut Naufal Abshar, seniman sama seperti media sosial, always need to be update. Sebagai seniman harus juga mengimbangi apa yang sedang happening saat ini tanpa keluar dari idealisme masing-masing. Karena itulah karya-karya Naufal Abshar membahas tentang sesuatu yang sedang kekinian.

 

Selling artwork ala Naufal Abshar

Naufal Abshar memiliki cara tersendiri untuk memperkenalkan karyanya hingga eksis seperti sekarang, yakni "meet people". Inilah yang harus diperhatikan sebagai seorang seniman, untuk menjual karya, lo harus keluar dari studio, bertemu orang-orang banyak dan memperkenalkannya. Tidak perlu ada rasa malu, cause if you believe what you do, you like it and passionate about it, then nothings wrong.