Trivet Sembel, Membangun Startup Media Dari Membagikan Kisah Inspiratif Orang Lain

Tuesday, April 16, 2019 - 17:14

Inspirasi itu nggak perlu kita cari jauh-jauh Urbaners, karena hal tersebut bisa jadi disekeliling kita. Dari idola, orang terdekat, kolega, bahkan dari orang yang kita tidak kenal sekalipun, mereka pasti punya cerita yang bisa menginspirasi dan bisa menjadi pendorong semangat perubahan bagi orang lain. Terinspirasi dari banyak cerita hidup orang di sekitarnya Trivet Sembel, pria lulusan Sosiologi University of Washington ini, memulai Proud Project di tahun 2015.

 

Salah satu cerita alasannya membuat Proud Project adalah saat ia mendengar cerita seorang warga negara Perancis yang pergi ke Tanah Toraja bersama orang tuanya yang sama sekali tidak bisa bahasa lain selain bahasa Perancis. Di sana mereka bertemu dengan seorang petani lulusan SMP yang ternyata fasih berbahasa Perancis hanya dengan membaca buku. Cerita ini menyadarkan Trivet, bahwa banyak orang yang memiliki potensi tinggi untuk dapat menginspirasi orang lain, namun kesempatannya yang kurang. Dengan semangat itu, Ia dibantu dengan seorang temannya memulai project ini.

 

Proud Project adalah gerakan sosial untuk menginspirasi orang untuk mendobrak batas-batas pribadi dan sosial mereka. Melalui akun Instagram @proud.project dan tagar #breakwalls, Trivet mencoba untuk membagikan kisah-kisah menarik dari berbagai orang yang ditemuinya dengan harapan dapat mendorong anak-anak muda untuk lebih mau inovatif, mendobrak hambatan-hambatan untuk berkembang, dan lebih mau membuka mata dan hati terhadap sekitarnya. Menurutnya storytelling berpotensi untuk menggerakkan orang dan merubah persepsi sosial yang ada saat ini.

 

Walaupun saat ini Proud Project sudah memiliki 97,7K followers dan sudah bekerjasama dengan berbagai public figure seperti Najwa Shihab, Danilla Riyadi, Putra Nababan, dan bahkan beberapa nama besar dari badan negara dan perusahaan besar, Trivet mengakui pernah merasa down dan ingin menyerah. Kurangnya apresiasi terhadap visinya dan hasil yang tidak sebanding dengan pengorbanan yang sudah Ia tempuh untuk project ini, membuatnya merasa ragu untuk melanjutkan Proud Project kala itu. Satu hal yang membuatnya kembali berdiri adalah saat Ia mendapatkan sebuah direct message dari salah satu followersnya, “Terima kasih kepada siapapun orang yang ada di belakang project ini, karena hari ini gue

nggak jadi bunuh diri karena gw ngeliat Instagram feed ini” ujar Trivet. Dari situlah Trivet tersadarkan betapa karyanya dapat memberikan dampak positif terhadap orang lain.

Berawal dari keinginan membagikan kisah inspiratif orang lain, kini Trivet udah bisa membangun startup medianya sendiri. Sejauh ini, Proud Project sudah berkolaborasi dengan Lingkaran.co, LockerMedia, dan juga project dengan Putra Nababan. Pada 2016 Proud Project berkembang jadi media company, “Proud Media Group” di mana Trivet menjabat sebagai Founder & President Director. Tidak hanya membesarkan Proud Project, Proud Media Group, juga menaungi Folkative Media, Creo Creative Lab, Livehouse Entertainment and Statements by Proud. Sebagai anak muda, jangan hanya mengejar kesuksesan aja Urbaners, tetapi juga harus bisa bermanfaat dan dapat menginspirasi orang lain.

Bagikan
Facebook Twitter Email