Yudhistira Israel alias VNGNC Ternyata Juga Seorang Visual Jockey

Mungkin Urbaners mengenalnya dengan sebutan VNGNC, atau mungkin kalian juga menjadi penonton setia dari program channel YouTube-nya, WTF Indonesia?

Yap, Yudhistira Israel Wijayanegara, pria gondrong yang berhasil mendapatkan perhatian generasi millenial Indonesia karena suka mengkritisi dan mengeluarkan opini-opini jujurnya terkait isu pop culture atau YouTubers lewat channel YouTube-nya, VNGNC.

Konten-konten YouTube yang dibuat oleh pria dengan nama panggilan Izzy ini sangat ditunggu oleh mereka yang haus akan opini jujur darinya. Namun sayang, pada Desember 2018, Izzy mengakhiri WTF Indonesia dalam satu episode terakhir berjudul WTF INDONESIA: The Final Episode.

Akan tetapi, buat kalian yang mungkin baru mengenal Izzy, dirinya lebih dari hanya sekedar VNGNC atau kritik-kritik pedasnya terhadap YouTubers Indonesia. Mungkin Urbaners juga belum mengetahui kalau sebenarnya, Izzy juga merupakan seorang desainer, digital artist, dan yang tidak kalah menarik, Visual Jockey.

 

Apa Itu Visual Jockey?

Apa Itu Visual Jockey?

Sebagai desainer, Izzy berkerja pada medium yang berbeda-beda. Namun ia merasa paling cocok dipanggil visual artist.

Beberapa karya visualnya bahkan digunakan oleh Reza Oktovian dalam beberapa single dan albumnya, Sm:)le.

"Walau medium gue beda-beda, tapi garis besarnya tuh kan karya visual," tegas Izzy.

Izzy juga dikenal sebagai Visual Jockey, namun masih banyak orang yang kurang awam dengan istilah itu. Sebenarnya, apa itu Visual Jockey?

"Lo tau, kan, kalau lo pergi nonton konser atau melihat panggung, di belakangnya ada layar atau LED set up. Kerjaan gue salah satunya itu," jelasnya.

"Gue perform buat musisi yang lagi main, bisa DJ atau band, jadi gue yang mengatur visual di belakangnya biar sesuai dengan musik yang dimainkan," kata Izzy.

Izzy mengaku sangat mencintai profesinya sebagai Visual Jockey. Alasannya sederhana, ia senang melihat reaksi orang-orang yang melihat karya visual dari Izzy di layar yang sudah tersedia di belakang panggung.

Tidak main-main, Izzy pernah berkolaborasi dengan Yellow Claw, grup musik EDM papan atas dunia yang digawangi oleh Jim Aasgier dan Nizzle asal Amsterdam, Belanda. Bahkan, Izzy juga akrab sama mereka.

Apa Itu Visual Jockey?

Melihat Kesempatan dalam Dunia Visual Jockey Izzy percaya, di Indonesia, profesi Visual Jockey memiliki prospek yang cerah.

"Selama banyak DJ dan musisi yang mau menyewa jasa Visual Jockey. Karena yang sering gue lihat, mereka banyak job untuk per event, misalnya mereka jadi house DJ, alangkah baiknya mereka bisa menjaga experience penontonnya itu konsisten, dari satu panggung ke panggung yang lain."

"Salah satu caranya adalah ya lo bikin video dan konten sendiri. Jangan sampai di panggung di Jakarta konten lo bagus, tapi pas manggung di luar kota, nggak lebih bagus," lanjutnya.

Buat kalian yang ingin mengenal Izzy lebih jauh, coba kalian follow dulu akun Instagram-nya (@vngnc). Kalau mau mendengarkan obrolannya yang lebih blak-blakan lagi, langsung buka channel YouTube MLDSPOT TV dan tonton keseruan tim MLDSPOT bersama Izzy!