Hokkaido Izakaya: A Place like Home for Japanese Expats in Jakarta

Thursday, March 29, 2018 - 13:35

"Lidah Indonesia yang harus beradaptasi dengan rasa asli Jepang ini,". Ungkapan yang cukup menginterpretasikan restoran satu ini. Hokkaido Izakaya adalah restoran franchise asal Jepang yang terletak di Pavilion Retail Arcade, Jakarta. Mereka memperkenalkan authentic Japanese bar dengan standart yang mumpuni. Tidak hanya dari segi rasa, interior serba kayu juga membuat lo terasa di Hokkaido.

 

 

Soba Speciality

Kalau biasanya restoran Jepang menawarkan sushi atau ramen sebagai menu utama, berbeda dengan Hokkaido Izakaya. Mereka menomor satukan menu soba sebagai andalannya. Soba yang ada di restoran ini memiliki bahan baku yang langsung dari Horokanai, Jepang. Tidak hanya itu, pembuatannya pun handmade dari Excecutive Chef Hiroshi Koizumi yang juga berasal dari daerah yang sama. Hokkaido memang identik dengan jenis tepung yang menjadi bahan utama pembuatan soba. Terdapat beberapa varian Soba yang bisa lo coba di sini, Urbaners, antara lain  Tori Tempura Zaru Soba, Kurogoma Tantan Soba, dan masih banyak lagi.

 

Ingredients langsung dari Hokkaido

Selain soba, bahan menu makanan lainnya juga berasal langsung dari Hokkaido. Mulai dari ikan, daging, ataupun bahan-bahan pendukungnya. Nggak heran kalau lo mencoba makanan disini rasanya akan sangat berbeda. Karena semua bahannya menggunakan kesegaran standarisasi Jepang dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Ini adalah salah satu tujuan mereka untuk memperkenalkan bagaimana the taste of Hokkaido!

 

Menggunakan pengolahan tradisional

Alasan lainnya mengapa Hokkaido Izakaya memiliki taste yang berbeda adalah tekniknya pun menggunakan metode tradisional. Contohnya mereka mengolah ikan Sanma, dengan cara membakar menggunakan jerami, yang membuat tekstur ikan tersebut tidak terlalu kering. Ini adalah metode yang digunakan di Hokkaido, memang rasanya agak berbeda dengan yang sudah diadaptasi oleh lidah Indonesia, tapi percaya deh, Urbaners, Rasanya lebih segar dan enak! Worth to try!

 

Hokkaido Ambience

Berbeda dengan restoran lain, Hokkaido Izakaya seakan memisahkan waktu makan siang dan makan malam. Untuk makan siang saat weekdays, restoran ini buka dari jam 11.30 sampai 15.30 WIB. Sedangkan makan malamnya dari jam 17.30 sampai 23.00 WIB. Pada saat weekend dan public holiday, jam buka untuk makan siang akan tetap sama, namun sedikit berbeda untuk jam makan malam yakni dari jam 17.30 sampai 24.00 WIB.

Ketika lo baru memasuki restoran ini, langsung disambut dengan bar penuh dengan minuman Jepang, mulai dari sake sampai Wishkey Jepang. Interior serba kayu seperti tatami membuat lo serasa di Jepang. Tidak hanya itu, di sekeliling tembok lo juga akan melihat menu tulisan yang dibuat oleh chef Hiroshi langsung, untuk menu seasonal. Psst.. menu ini dapat berubah lho, Urbaners! Jadi mau seberapa seringnya lo kesini, pasti bisa mencoba menu baru yang disajikan! Nggak heran kalau restoran ini selalu penuh dengan expat Jepang yang rindu akan kampung halamannya. Nah, kalau lo penasaran seperti apa sih Hokkaido Izakaya ini, langsung saja datang dan rasakan seperti berada di Hokkaido!

Bagikan
Facebook Twitter Email