Ingin Merasakan Serunya Berenang dengan Ubur-Ubur? Danau Kakaban Tempatnya!

Thursday, October 18, 2018 - 17:11

Keindahan dan keunikan alam Indonesia memang nggak ada habisnya! Urbaners, apakah lo tahu, Indonesia juga punya danau yang unik, yaitu danau berisi ubur-ubur yang tidak menyengat.

Danau ini disebut Danau Kakaban, yang berlokasi di B, Derawan, Kalimantan Utara. Di dunia, hanya ada dua danau unik seperti ini, yaitu Danau Kakaban dan danau yang terletak di Kepulauan Palau, Mikronesia. Kece kan?

Ingin Merasakan Serunya Berenang dengan Ubur-Ubur? Danau Kakaban Tempatnya!

Pulau Kakaban memiliki luas 774, 2 hektar dan untuk mencapai danau ubur-ubur, Urbaners harus trekking. Tak perlu lama trekking, danau jernih sudah kelihatan di depan mata. Ada empat jenis ubur-ubur yang bisa ditemukan di danau ini, semuanya tidak menyengat.

Diperkirakan ribuan tahun lalu, ubur-ubur terperangkap di danau ini dan berevolusi. Evolusi terjadi karena ubur-ubur di sini tidak berhadapan dengan predator, sehingga tidak menggunakan sengatnya. Karena itulah, sengat ubur-ubur di danau Kababan hilang.

Ingin Merasakan Serunya Berenang dengan Ubur-Ubur? Danau Kakaban Tempatnya!

Urbaners bisa banget berenang di sini! Kapan lagi kan bisa seru-seruan main dengan ubur-ubur berbagai jenis? Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu tidak memakai tabir surya atau krim pelindung kulit apa pun. Karena zat kimia dalam produk tersebut bisa membahayakan ubur-ubur.

Urbaners juga tidak diperbolehkan menggunakan alat bantu renang, seperti kaki katak karena bisa melukai ubur-ubur. Lalu tidak diperbolehkan memegang atau mengangkat ubur-ubur keluar air. Dan tidak boleh melompat ketika masuk ke dalam danau.

Bagikan
Facebook Twitter Email